27 Agu

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR MONITORING/EVALUASI DAN PENYUSUNAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN BADAN PENYELENGGARA PEMILU 2019

Batu,kpu-kotabatu.go.id(27-28/08/2018) Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring/Evaluasi dan Penyusunan Laporan pertanggungjawaban Keuangan Badan Penyelenggara Pemilu 2019 yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur,Senin-Selasa(27-28/08). Rakor diadakan selama dua hari, bertempat di Amarta Hills Hotel and Resort Kota Batu ini dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota diwakili oleh Komisioner divisi keuangan, umum dan logistik, sekretaris KPU serta bendahara pengeluaran Pemilu 2019.

Selama dua hari, peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Monitioring/Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Penyelenggara Pemilu 2019 mendapatkan materi yang berbobot dari beberapa narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Pembuka materi dari KPU Provinsi Jawa Timur yaitu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Dewinta Hayu Shinta dan Muhammad Eberta Kawima.

Rakor di hari pertama, BPKP Perwakilan Jawa Timur membawakan materi tentang mekanisme pertanggungjawaban keuangan (LPJ) bendahara pengeluran. Materi kedua dengan materi  kelas pajak bendahara tentang pengetahuan perpajakan umum untuk lembaga pemerintah yang dibawakan oleh KPP Surabaya 1.

Sedangkan materi ketiga di hari pertama Rakor yang  tidak kalah menariknya dibawakan oleh Kasubbag Biro Keuangan Bagian Perbendaharaan  RI dengan materi tata cara perhitungan pajak untuk operasional dan honor badan Adhoc KPU dari perspektif aturan perpajakan yang berlaku dan Undang-Undang Kepemiluan.

Sebelum masuk ke pemaparan materi, terlebih dahulu KPU Provinsi Jawa Timur membuka Rakor dengan pemutaran kaleidoskop keuangan evaluasi Tahun Anggaran (TA) 2018.

Rakor ditutup pada hari kedua,Selasa(28/08), peserta yang hadir mendapatkan materi keempat dari BPK RI tentang akuntabilitas dan transparansi pertanggungjawaban di lingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

KPU Kota Batu dalam acara Rakor diwakili oleh, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan Umum dan Logistik (Erfanudin), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) dan Staff/Pelaksana Keuangan KPU Kota Batu yang juga Bendahara Pemilu 2019 (Adityarini Nugrahayu).

Pembekalan materi yang mumpuni, semoga WTP diraih kembali oleh KPU. Semangat melayani.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *