25 Feb

KPU Kota Batu Hadiri Raker Penataan Daerah Pemilihan (DAPIL) dan Alokasi Kursi PEMILU Tahun 2019

Jember, kpu-kotabatu.go.id (24- 25/02/2018) – KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Kerja (Raker) dalam rangka Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 di Ruang Phoenix Hotel Purnama Jember Jalan Kyai Haji Agus Salim Nomor 28 Jember. Raker yang diadakan selama dua hari ini dihadiri oleh Ketua Divisi Teknis dan Kasubbag Teknis KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Rapat Kerja (Raker) Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu Tahun 2019 dibuka oleh Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro didampingi Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis (Moh. Arbayanto) dan Sekretaris KPU Jawa Timur.

Dalam Rapat Kerja hari pertama yang dipimpin oleh Divisi Teknis KPU provinsi Jawa Timur (Moh. Arbyanto) ini masing-masing KPU Kabupaten/Kota menyampaikan presentasi usulan penataan daerah pemilihan anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat Kabupaten/Kota.

Dari hasil presentasi masing-masing KPU Kabupaten/Kota diketahui terdapat dua kelompok kategori terhadap usulan penataan Daerah Pemilihan dalam Pemilu Tahun 2019, yaitu :
1. Kabupaten/Kota dengan Daerah Pemilihan tetap sebagaimana Daerah Pemilihan Tahun 2014 karena tidak terdapat perubahan Data Kependudukan dan dan Data kewilayahan yang secara signifikan dapat mempengaruhi perubahan Daerah pemilihan.
2. Kabupaten/Kota yang melakukan Penataan Daerah Pemilihan yang berbeda dengan Daerah Pemilihan Tahun 2014 karena terdapat perubahan Data Kependudukan dan Data kewilayahan yang secara signifikan mempengaruhi perubahan Daerah Pemilihan. Selanjutnya Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur akan melakukan penajaman terhadap hasil presentasi KPU Kabupaten/Kota dan akan meminta data dukung apabila masih dibutuhkan sebelum dilakukan presentasi di KPU.

Penyampaian softcopy Usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Setiap Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten/Kota kepada KPU melalui KPU Provinsi Jawa Timur sebagaimana Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 18/PP.02-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum telah disampaikan melalui alamat email kpujatimteknis@gmail.com dan upload dokumen dalam Aplikasi Sidapil.

KPU Kota Batu dalam Rapat Kerja (Raker) Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 ini adalah : Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kota Batu (Ariansyah Mustafa). (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 18 = 24