29 Agu

KPU KOTA BATU HADIRI IKP PEMILU 2019 PROFESIONALITAS PETUGAS TPS PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENYUSUN IKP PEMILU 2019

Sidomulyo,kpu-kotabatu.go.id(29/08/2018) KPU Kota Batu menghadiri Koordinasi Pengawasan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 dalam Rangka Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Tahun 2019 yang diadakan oleh Bawaslu Kota Batu, Rabu(29/08/2018). Koordinasi pengawasan yang diadakan di kantor Bawaslu Kota Batu Jalan Bukit Berbunga Sidomulyo ini dihadiri oleh KPU Kota Batu, Polres Kota Batu dan Pimpinan beserta Sekretariat Bawaslu Kota Batu. Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin) menyampaikan bahwasanya dalam IKP Pemilu 2019, masalah profesionalitas petugas TPS perlu diperhatikan dalam menyusun IKP Pemilu 2019.

Menurut Ketua Divisi Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Batu (Yogi Eka Chalid Fachrobi) data yang disajikan dalam IKP 2019 ini dalam bentuk analisis dan rekomendasi kebijakan berbasis riset dan data kepemiluan. Lebih lanjut, Yogi juga menjelaskan bahwasanya penyusunan IKP tahun 2019 ini digunakan sebagai alat untuk mengetahui dan mengindentifikasi ciri, karakteristik serta kategori kerawanan.

Indeks Kerawanan Pemilu(IKP) disusun oleh penyelenggara Pemilu, dalam hal ini adalah KPU dengan Kepolisian dan Media Massa.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin)  terkait dengan IKP tahun 2019 mengemukakan tentang masalah profesionalitas petugas TPS yang perlu juga mendapatkan perhatian dalam penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu 2019. menurut Erfanudin, untuk saat ini sangat sulit mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memahami regulasi baru dengan cepat apalagi dalam penyelenggaraan Pileg 2019 untuk Kota Batu diikuti oleh 16 Partai Politik dan ratusan Calon Legislatif (Caleg).

Menurut Erfanudin sulitnya mencari SDM yang bisa memahami regulasi baru dengan cepat dikarenakan tidak ada waktu banyak untuk memberikan pelatihan dan pendidikan kepada petugas TPS.

Indeks Kerawanan Pemilu tahun 2019 diantaranya adalah berita Hoax dan Money Politik.Beberapa IKP tahun 2019 lainnya akan dilakukan pemetaan.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *