12 Feb

KPU Kota Batu “Goes to School” ke SMKN 2 Batu

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (12/02/2018) – Pemilih pemula adalah mereka yang pertama kali melakukan kegiatan menggunakan hak pilihnya, dimana mereka sudah terdaftar sebagai pemilih pada saat dilakukan Pemilihan Umum dan telah berusia 17 tahun. Goes To School yang diadakan KPU Kota Batu kali ini menyasar SMKN 2 Bumiaji yang berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo No: 39 Kecamatan Bumiaji, Senin (12/02). Sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan upacara bendera di SMKN 2 adalah Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri).

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya menjelaskan tentang sejarah Pemilihan Umum yang dilakukan di Indonesia sejak Pemilu pertama yang dilakukan pada tahun 1955. Di samping itu, Saifudin Zuhri juga menjelaskan tentang jadwal, tahapan dan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub) Jatim 2018. “Siswa – siswi yang yang telah berusia 17 tahun pada saat dilakukan kegiatan pencoblosan inilah yang disebut Pemilih Pemula,” terang Saifudin Zuhri.

Lebih lanjut Saifudin Zuhri menjelaskan bahwasanya Pemilih Pemula ini harus dilakukan sosialisasi supaya mereka dapat terdaftar sebagai pemilih dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. “Inilah gunanya dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang dilakukan KPU Kota Batu dalam giat Goes To School,” jelas pria kelahiran November ini seusai giat upacara bendera di SMKN yang mempunyai jurusan Agri Industri, Agro Teknologi dan Teknik Kimia. Kegiatan KPU Kota Batu Goes To School yang menyasar beberapa sekolah menengah atas, sekolah kejuruan maupun sekolah untuk mereka yang berkebutuhan khusus ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − = 16