26 Feb

KPU Kota Batu GOES TO SCHOOL ke SLB Negeri Batu Sosialisasi Sekaligus Simulasi Pemilih Pemula

Banaran,kpu-kotabatu.go.id (26/02/2018) – Sekolah Luar Biasa yang terletak di Jalan Banaran Desa Bumiaji, Senin (26/02) didatangi oleh KPU Goes To School untuk melaksanakan sosialisasi sekaligus simulasi untuk pemilih pemula. Menyadari akan pentingnya sosialisasi untuk pemilih pemula di SLB Negeri Batu, KPU Kota Batu tidak hanya memberikan sosialisasi tetapi dibarengi juga simulasi pencoblosan surat suara di dalam bilik suara. Hadir dalam kegiatan KPU Goes To School adalah : Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), staff KPU Kota Batu, Kepala Sekolah, guru dan staff SLB Negeri Batu, Siswa Siswi dan orang tua murid SLB Negeri Batu.

Sosialisasi dan Simulasi untuk pemilih pemula yang dikemas dalam acara KPU Kota Batu Goes To School diawali dengan kegiatan upacara bendera dengan Inspektur Upacara dari KPU Kota Batu yang diwakili oleh Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo). Dalam sambutannya, Thomas Maydo menjelaskan tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018.

           

Sessi kedua dilanjutkan dengan simulasi bagi pemilih pemula, yaitu siswa-siswi SLB Negeri Batu yang telah berusia 17 tahun pada saat dilakukan kegiatan pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018. Simulasi dilakukan seperti layaknya kegiatan pencoblosan, yaitu ada bilik suara dengan bantalan, alat coblos dan surat suara juga kotak suara untuk memasukkan suara. Beberapa siswa-siswi SLB Negeri Batu tampak antusias dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi untuk masuk ke dalam bilik suara. Niko Krisna Winata Putra, salah satu siswa SLB Negeri Batu kelas XII mengungkapkan rasa senangnya dengan kegiatan KPU Goes To School karena dirinya jadi tahu cara mencoblos di dalam bilik suara. “Saya jadi tahu kegiatan di dalam bilik suara, dari membuka surat suara, meletakkan surat suara diatas bantalan dan mencoblos yang benar di dalam bilik suara,” ungkap Niko yang selalu tersenyum ramah ini.

Hal senada diungkapkan juga oleh Sugiarti, salah satu orang tua murid di SLB Negeri Batu. Menurut Sugiarti yang bertempat tinggal di Sumberbrantas ini bahwasanya kegiatan sosialisasi dan simulasi oleh KPU Kota Batu untuk pemilih pemula sangat positif dan menambah pengetahuan bagi anak-anak. “Anak-anak kalau tidak diberikan pengarahan kurang mengerti. Kegiatan yang diadakan KPU Kota Batu ini sangat positif karena disamping sosialisasi, juga ada simulasi secara langsung,” terang Sugiarti, orang tua murid.

Walaupun antri di tengah teriknya matahari, siswa-siswi SLB Negeri Kota Batu tetap semangat untuk mengikuti simulasi pencoblosan surat suara yang diadakan oleh KPU Kota Batu Goes To School. “Dengan adanya sosialisasi dan simulasi yang diadakan oleh KPU Kota Batu ini, sangat bermanfaat buat anak-anak karena satu suara sangat menentukan,” jelas Siti Muawanah, Kepala Sekolah SLB Negeri Batu. Lebih lanjut, Ibu Kepala Sekolah yang pernah menjadi Relawan Demokrasi ini menjelaskan juga bahwasanya dengan kegiatan KPU Goes To School ini apalagi ada simulasinya, anak-anak bisa langsung tahu kegiatan pencoblosan pada saat mereka ke TPS tanggal 27 Juni 2018. Sebagai Informasi, SLB Negeri Batu dengan jumlah siswa sebanyak 95 siswa dan terdapat 50 siswa sebagai usia pemilih. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 1 =