02 Jul

KPU KOTA BATU GELAR SOSIALISASI PKPU NOMOR 20 TAHUN 2018

Beji, kpu-kotabatu.go.id, (02/07) Tahapan Pemilihan Umum (PEMILU) 2019 sudah sampai pada pelaksanaan tahapan pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Pengajuan bakal calon DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dibuka mulai  tanggal 4  Juli sampai dengan 17 Juli 2018 di masing-masing wilayah KPU tempat bakal calon akan mengajukan dirinya sebagai calon DPRD. Menyadari akan pentingnya menyosialisasikan kegiatan pencalonan anggota DPRD Kota Batu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengadakan Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di The Singhasari Resort Kota Batu, Senin(02/07)

Acara sosialisasi dihadiri oleh PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golar, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai  Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Perindo, PPP, Partai Solidaritas Indonesia, PAN, Hanura, Partai Demokrasi, Partai Bulan Bintang, PKP dan Panwas Kota Batu.

Dalam  acara Sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018, Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) sebagai narasumber dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifusin Zuhri) bertindak sebagai moderator.

Rochani dalam sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 membagi pemaparannya dalam empat tahap yaitu : Syarat  pengajuan bakal calon, syarat calon, waktu dan tempat pengajuan  bakal calon dan ketentuan pengajuan calon. Lebih lanjut dijelaskan oleh Ketua KPU Kota Batu bahwa sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 merupakan sosialisasi tercepat karena PKPU tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, Dan DPRD Kabupaten/Kota baru diterapkan oleh KPU RI.

Ditekankan oleh Rochani bahwasanya setiap partai politik dapat mengajukan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dengan ketentuan : Diajukan oleh pimpinan partai politik sesuai tingkatannya, Jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Daerah Pemilihan (DAPIL), Disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap Dapil dan di setiap tiga orang bakal calon pada susunan daftar wajib terdapat paling sedikit satu orang bakal calon perempuan.

Selain sosialisasi, pada akhir acara, KPU Kota Batu memberikan sesi lanjutan untuk input data bakal calon dalam aplikasi SILON. Sesi lanjutan Silon diberilan oleh operator SILON KPU Kota Batu (Mahyuni).(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57 + = 67