24 Feb

KPU Kota Batu Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pilwali Kota Batu Tahun 2017

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 tingkat kota, yang diselenggarakan di Royal Orchids Garden Hotel pada hari Kamis (23 Februari 2017).

Lokasi kegiatan ini dijaga ketat oleh aparat Kepolisian dan TNI sejak malam sebelumnya. Pihak aparat mengawal kotak suara dari kantor KPU Kota Batu ke lokasi acara tiga puluh menit sebelum acara dimulai. Dan panitia, tamu undangan dan jurnalis harus melewati metal detector sebelum memasuki tempat acara.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh para hadirin yaitu saksi dari empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batu, PPK dari 3 kecamatan di Kota Batu, Panwas Kota Batu, KPU Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, PPS se-Kota Batu, Forkompinda, pimpinan partai politik, pimpinan DPRD Kota Batu dan lembaga pemantau pemilihan.

Selanjutnya Ketua KPU Kota Batu, Rochani, membacakan agenda rapat dan tata cara rekapitulasi. Rochani menyebutkan Rekapitulasi tingkat Kota Batu dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang diatur dalam Peraturan KPU, “Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan KPU nomor 3 tahun 2016 tentang Tahapan Program dan Jadwal, bahwa tahapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota dilaksanakan mulai 22 Februari (2017) sampai dengan 24 Februari (2017), oleh karenanya hari ini tanggal 23 Februari masih masuk didalam tahapan tersebut,” papar Rochani.

Rekapitulasi dimulai dengan pembacaan formulir DA1-KWK (Sertifikat Rekapitulasi Dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara Dari Setiap Desa/Kelurahan di Tingkat Kecamatan) oleh PPK Batu, PPK Bumiaji dan PPK Junrejo. Pada pembacaan DA1-KWK oleh PPK Batu, terjadi pembetulan penulisan surat suara dalam formulir model DAA-KWK (Sertifikat Rekapitulasi Hasil Dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara Dari Setiap TPS Dalam Wilayah Desa/Kelurahan) yang diterima TPS 3 Songgokerto dari 344 diubah menjadi 405 suara. Yang seharusnya tertulis sesuai dengan C1 (Sertifikat Hasil Penghitungan Perolehan Suara di TPS) yaitu 405 ditulis di DAA sebanyak 344. Serta kesalahan input DPT Desa Beji Kecamatan Junrejo. Pembetulan-pembetulan tersebut telah disepakati KPU Kota Batu, Panwas Kota Batu dan saksi pasangan calon yang hadir serta selanjutnya ditulis formulir DB2-KWK sebagai kejadian khusus.

 

Acara diakhiri dengan penandatangan berita acara rekapitulasi oleh seluruh komisioner KPU Kota Batu dan saksi pasangan calon. Namun, hanya saksi dari pasangan calon nomor urut dua yang bersedia menandatangani berita acara. Sedangkan saksi dari pasangan calon lainnya menolak untuk menandatangani berita acara tersebut.

Ditanya mengenai saksi pasangan calon yang tidak menandatangani berita acara, Rochani menegaskan bahwa dirinya menghormati hak saksi, “Itu adalah hak saksi untuk tidak tanda tangan. Silakan saja. Tidak mengurangi legalitas hasil rekapitulasi,” tuturnya.

Hasil Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 adalah sebagai berikut :

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu Nomor Urut 1  Rudi – Sujono mendapatkan perolehan suara sebanyak 24.228 suara.

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu Nomor Urut 2  Dewanti Rumpoko –  H. Punjul Santoso, SH, MM mendapatkan perolehan suara sebanyak  51.754 suara.

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu Nomor Urut 3  H. Hairuddin, Drs – Hendra Angga Sonatha mendapatkan perolehan suara sebanyak 20.508 suara.

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu nomor Urut 4 Abdul Majid, S.Psi –  Drs. HA. Kasmuri Idris mendapatkan perolehan suara sebanyak 19.634 suara.

 

SK KPU Kota Batu tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemiihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =