17 Jan

KPU Kota Batu Gelar Raker Usulan Penataan DAPIL Jelang Uji Publik

Batu,kpu-kotabatu.go.id (17/01/2018) – Dalam rangka Penyusunan Usulan Penataan Daerah Pemilihan Daerah Pemilihan DPRD Kota Batu Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, KPU Kota Batu menggelar Rapat Kerja (Raker) di Kartika Wijaya Hotel Batu, Rabu (17/01). Raker yang dihadiri oleh Ketua KPU Kota Batu (Rochani), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) , Komisioner KPU Kota Batu, Kasubbag dan Staf Sekretariat KPU Kota Batu juga dihadiri oleh Kepala Dispendukcapil Kota Batu (Maulidiono) dan Perwakilan dari Polresta Batu (Subarno).

Dalam Rapat Kerja tersebut dibahas empat usulan peta persebaran daerah pemilihan di Kota Batu

Usulan I.
Kota Batu 1, terdiri dari Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Temas dengan jumlah alokasi 7 kursi.
Kota Batu 2 , terdiri dari Kelurahan Songgokerto, Desa Pesanggrahan, Desa Sidomulyo, Desa Sumberejo, Desa Oro-Oro Ombo dengan jumlah alokasi 7 kursi.
Kota Batu 3 , terdiri dari Kecamatan Bumiaji, alokasi jumlah kursi 9.
Kota Batu 4 , terdiri dari Kecamatan Junrejo dengan jumlah alokasi kursi 7.

Usulan II.
Kota Batu 1, terdiri dari Sisir, Temas, Oro-Oro Ombo dengan jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 2, Songgokerto, Pesanggrahan, Sidomulyo, Sumberejo, Ngaglik, jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 3, Bumiaji, alokasi kursi 9.
Kota Batu 4, Kecamatan Junrejo, alokasi kursi 7.

Usulan III.
Kota Batu 1, terdiri dari Temas, Sisir, Sidomulyo, jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 2, terdiri dari Songgokerto, Pesanggrahan, Sumberejo, Ngaglik, Oro-Oro Ombo, jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 3, kecamatan Bumiaji, jumlah alokasi kursi 9.
Kota Batu 4, kecamatan Junrejo, jumlah alokasi kursi 7.

Usulan IV.
Kota Batu 1, terdiri dari Oro-Oro Ombo, Pesanggrahan, Songgokerto, Temas, jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 2, terdiri Sisir, Ngaglik, Sidomulyo, Sumberejo, jumlah alokasi kursi 7.
Kota Batu 3, Bumiaji, jumlah alokasi kursi 9.
Kota Batu 4, Junrejo, jumlah alokasi kursi 7.

Rapat Kerja Penyusunan Usulan Penataan daerah Pemilihan DPRD Kota Batu Pada Pemilu Tahun 2019 ini didasarkan pada terbitnya 2 (dua) Keputusan KPU RI nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/208 tentang jumlah penduduk Kabupaten/Kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilaan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum tahun 2019 serta Keputusan KPU RI nomor 14/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk per Kelurahan pada Kecamatan dengan alokasi lebih dari 12 kursi untuk penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Menurut penjelasan Ketua KPU Kota Batu yang juga membawahi Divisi Teknis KPU Kota Batu (Rochani) mengatakan bahwasanya dari keempat usulan tersebut akan dipilih salah satu pemetaan Daerah Pemilihan (Dapil) paling strategis yaitu mulai dari segi residu jumlah sisa penduduk, kesetaraan nilai kursi antar Daerah Pemilihan (Dapil) serta komposisi dari jumlah penduduk hingga jangkauan luas wilayah haruslah seimbang. Ketua KPU Kota Batu (Rochani) menjelaskan juga bahwasanya jangkauan wilayah juga menjadi pertimbangaan mobilisasi (massa ) para calon.

Dari hasil pemantapan ini akan segera dilakukan uji publik supaya masyarakat bisa menilai keefektifan rencana penetapan Dapil. Dan, agenda uji publik sendiri akan dilakukan pada tanggal 27 Januari 2018. KPU Kota Batu akan melakukan rapat pleno internal penetapan pada tanggal 29 Januari 2019. Ketika ditanya tentang kemungkinan adanya perubahan, Ketua KPU Batu (Rochani) mengatakan bahwa kemungkinan perubahan tetap ada karena KPU Kota Batu memberikan ruang kepada masyarakat untuk masukan dan kritik terkait penerapan Daerah Pemilihan (Dapil). “Tentunya harus disertai dengan alasan yang jelas,” terang Rochani. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *