27 Jun

KPU KOTA BATU FASILITASI 27 TAHANAN MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA DALAM PILGUB JATIM 2018

Junrejo,kpu-kotabatu.go.id (27/06/2018) Setiap warga negara Indonesia mmpunyai hak yang sama untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum, kecuali dicabut hak pilihnya karena keadaan tertentu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu memfasilitasi 27 tahanan yang berada di Mapolres Batu untuk ikut melakukan pencoblosan pada kegiatan Pilgub Jatim 2018, Rabu (27/06).

27 tahanan ini difasilitasi di Tempat  Pemungutan Suara (TPS) terdekat di Mapolres Batu yaitu TPS 09 Desa Junrejo Kecamatan Junrejo.

Menurut Kasat Tahti Kepolisian Resort Batu (Budiyono), 27 tahanan yang ada di Mapolres Batu sebanyak 27 tahanan, 26 tahanan laki-laki dan 1 tahanan perempuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Rochani) bahwasanya dari 27 orang tahanan yang difasilitasi KPU Kota Batu terdiri dari 21 orang dalam kategori pemilih pindahan dan sudah dicatat dalam formulir model A4 dan 6 orang pemilih pengguna KTP Elektronik.

Ketua KPU Kota Batu (Rochani) menjelaskan lebih lanjut, 27 tahanan tersebut boleh difasilitasi karena mempunyai KTP Elektronik dan KPU Kota Batu mengeluarkan DPTb atau Daftar Pemilih Tambahan dengan fotocopy NIK dan KK. Data tersebut  kemudian dilakukan pengecekan apakah sudah terdaftar dalam DPT melalui aplikasi SIDALIH (Sistem Informasi Data Pemilih).

Sebagai informasi, 27 orang tahanan di Mapolres Batu yang melakukan pencoblosan di Mapolres Batu, Rabu (27 Juni 2018) adalah : 10 orang dari Kota Batu, Kabupaten Malang 13 orang, Lumajang 1 orang, Blitar 1 orang dan Surabaya sebanyak 2 orang. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *