09 Feb

KPU Kota Batu “diserang” Pengunjuk Rasa

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (09/02/2018) – KPU Kota Batu siang dinihari didatangi masyarakat untuk melakukan unjuk rasa. Selain membawa tulisan “KPU Harus ADIL”, mereka juga melakukan pembakaran ban sehingga arus lalu lintas di KPU Kota Batu macet total. Massa yang mendatangi kantor KPU Kota Batu semakin banyak. Polres Batu segera mengirimkan team negosiator yang terdiri dari polisi-polisi wanita. Team Negosiator mengalami kebuntuan dan massa semakin merangsek masuk ke halaman kantor KPU Kota Batu. Polres Batu segera menurunkan Tim Dalmas dan Dalmas Inti untuk mendorong masyarakat keluar dari halaman kantor KPU Kota.

      

Ternyata, adegan diatas hanya kegiatan simulasi Gladi Lapang Pelatihan Dalmas dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Timur Resort Batu. Simulasi Gladi Lapang yang dilakukan Polres Batu ini adalah informasi tentang bentuk pengamanan yang akan dilakukan Polres Batu dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Bentuk pengamanan yang akan dilakukan Polres Batu menghadapi massa yang melakukan unjuk rasa adalah : diturunkan tim negosiator terlebih dahulu dimana tim negosiator ini terdiri dari srikandi- srikandi dari Polres Kota Batu kemudian jika tim negosiator mengalami kebuntuan, segera diturunkan tim dalmas dan dalmas inti untuk menghadapi unjuk rasa massa. Tim Dalmas inti ini melakukan formasi pertahanan dan upaya menghalau massa.

Kegiatan Gladi Lapang dan Deklarasi Damai dalam rangka operasi kepolisian kewilayahan Operasi Mantap Praja Semeru 2018 tentang pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 di wilayah hukum Polres Batu ini dihadiri oleh : KPU Kota Batu, KPU Kabupaten Malang, Panwaslu, Kejari, Dandim 0818, FKUB, Tokoh Masyarakat, DPRD Kota Batu dan Perwakilan Partai Politiik kota Batu.
“ Simulasi yang dilakukan tadi menggambarkan kerawanan-kerawanan Pelaksanaan Pilkada, mulai masa kampanye, masa tenang dan pemungutan suara,” terang AKBP Budi Hermanto, Kapolres Kota Batu. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 7 =