23 Jan

KPU Kota Batu BIMTEK Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat

Batu,kpu-kotabatu.go.id (23/01/2018) – Menyadari pentingnya pelaksanaan Sosialisasi dan Partisipasi masyarakat dalam proses penyampaian informasi tentang tahapan dan program penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, KPU Kota Batu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 di Cafe Pilot, Jl. Flamboyan Songgokerto (23/01). Bimtek kali ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanuddin), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Para Kasubbag dan PPK kecamatan Batu, kecamatan Junrejo dan kecamatan Bumiaji.

Bimtek kali ini membahas pentingnya untuk menyebarluaskan informasi tentang tahapan, jadwal dan program Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Dalam paparannya, Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) menyampaikan bahwasanya penyebar luasan informasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajibannya dalam proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Menurut Saifudin bahwasanya ada beberapa basis pemilih untuk sasaran sosialisasi, yaitu : Keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Penyandang Disabilitas, Kebutuhan Khusus, Kaum Marginal, Komunitas, Keagamaan, Relawan Demokrasi dan Warga Internet. “Untuk itu diperlukan media kreasi yang tepat supaya penyampaian sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini bisa diterima oleh masing-masing basis pemilih,” terang Saifudin lebih lanjut.

Dalam Bimtek Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat tersebut, PPK dari Kecamatan Batu, Junrejo dan Bumiaji mendapatkan pembekalan tambahan tentang bagaimana strategi penyampaian informasi dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Strategi penyampaian informasi yang dilakukan adalah dengan cara :Tatap Muka, Media Massa dan Bahan – Bahan Sosialisasi dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat ini mengacu pada Gagasan Pokok PKPU nomor: 08 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 1 =