23 Feb

KPU Kota Batu Adakan Rakor Pemutakhiran Badan Adhoc Sekaligus Sosialisasi dan Evaluasi Kinerja PPK dan PPS

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id(22/02/2018) Rapat Koordinasi (Rakor) Pemuktahiran Badan AdHoc KPU Kota Batu pada Pemilu Tahun 2019 diadakan oleh KPU Kota Batu di Hotel Purnama Jalan Raya Selecta Batu, Kamis (22/02). Rakor yang dihadiri oleh seluruh PPK, PPS dan Sekretaris PPK/PPS se – Kota Batu ini dilaksanakan untuk evalusi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu.

Acara Rakor dibuka oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data ( Ashar Chilmi) dan sebagai narasumber adalah Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) dengan moderator Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Mardiono)

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Rakor Badan AdHoc, Sosialisai dan Evaluasi ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan tata kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum serta Keputusan KPU No 31 tahun 2018 tentang pedoman tehnis pembentukan PPK dan PPS.

Dijelaskan juga oleh Saifudin Zuhri bahwasanya untuk evaluasi kinerja PPK dan PPS sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur Tahun 2018 ini dapat diangkat kembali sebagai PPK dan PPS jika masih memenuhi syarat sebagai anggota PPK dan PPS kemudian dilakukan penilaian terhadap kinerja yang bersangkutan pada saat menjabat sebagai anggota PPK dan PPS.

Substansi penilaian terhadap PPK dan PPS mencakup Integritas, Kerjasama dan Independensi dengan metode penilaian adalah: Penilaian menggunakan daftar pertanyaan tertutup, pemberian jawaban pada pertanyaan tertutup dengan memberi tanda centang atau contreng dan penilai akan memberikan jawaban terhadap pernyataan dalam lima kategori.

Setelah acara sosialisasi kinerja Panitia Pemillihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) selesai, KPU Kota Batu membagikan evaluasi Kinerja PPK dan PPS dalambentuk kuisioner yang harus diisi oleh PPK dan PPS yang hadir serta sekretaris PPK dan PPS. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

86 − = 79