20 Okt

KPU Jatim Targetkan Open Data Di Tahun 2017

Banyuwangi, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) pada tahun 2017 targetkan melakukanopen data atau data terbuka untuk masyarakat. Hal ini sebagaimana diungkapkan Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016, malam ini (19/10) di kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim ini menyampaikan bahwa di tahun 2016, KPU Jatim memfokuskan pada aktivasi website serta update harian berita ataupun  penguatan informasi KPU Provinsi dan KPU kabupaten/ kota se-Jawa Timur. “Dan alhamdulillah, website KPU Jatim sendiri setiap hari sudah ada informasi yang disajikan. Website KPU kabupaten/ kota juga sudah aktif semua saat ini dan melakukan update informasi secara rutin,” ujar Anam (19/10/2016).

Untuk itu, di tahun 2017 akan menargetkan penguatan data dan mengimplementasikan data terbuka bagi masyarakat. “Data akan disajikan ke masyarakat melalui website,” kata pria lulusan UNESA ini.

Menanggapi yang disampaikan Anam, Anggota KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan memang ke depan akan memprioritaskan data terbuka/ open data, digitalisasi data dan digitalisasi arsip. “Ketiga hal ini penting untuk diintegrasikan pada website masing-masing satuan kerja,” kata Ferry.

Sedangkan untuk untuk data terbuka/ open data akan digongkan di tahun 2019 seiring dilaksanakannya pemilu nasional. “Sehingga berbagai proses informasi yang KPU jalankan dapat berjalan dengan baik melalui manajemen IT yang lebih terintegrasi,” tutur Anggota KPU RI ini.

Harapannya dengan adanya data terbuka/ open data akan memberikan informasi kepada masyarakat dan mendorong koordinasi internal di KPU Provinsi dan KPU kabupaten/ kota.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

85 + = 88