20 Nov

KPU Batu Hadiri Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

Balikpapan. Kpu-kotabatu.go.id – Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menjadi narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi pada Pemilu Tahun 2019 di yang diselenggarakan di Balikpapan, Minggu (19/11).

Dalam paparannya, mantan komisioner KIP Aceh ini mengatakan bahwa penataan daerah pemilihan hanya untuk Dapil di Kabupaten/Kota. Sedang KPU Provinsi diberi tanggungjawab untuk melakukan supervisi dan monitoring terhadap tahapan penataan dapil yang dilakukan KPU Kabupaten/Kota.

Ilham menginstruksikan para peserta bimtek untuk melakukan uji pubilk dalam penataan dapil sebagai pihak untuk proses pengobyektifikasian, serta mengacu langsung dari data kependudukan DAK2 yang berasal dari KPU RI dan bersumber dari Kemendagri sebagai satu-satunya sumber data.

Penataan dapil harus mengacu pada tujuh prinsip utama. Yang paling penting adalah prinsip kesinambungan bahwa penataan dapil hanya dapat dilakukan apabila prinsip penataan Dapil tidak terpenuhi dan/atau disebabkan pemekaran daerah dan/atau adanya penambahan jumlah kecamatan dan/atau penambahan jumlah penduduk yang mengakibat penambahan jumlah kursi yang melebihi jumlah kursi maksimal dan/atau sebab atau alasan lain dengan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk Penataan Dapil di daerah bencana diatur dan mengacu pada Pasal 193 UU 7/2017, dan Ilham Saputra menambahkan bahwa KPU akan mengatur hal lebih spesifik untuk menjamin terlaksananya prinsip kesetaraan.

Ketua Kota Batu, Rochani, dan Kasubbag Teknis dan Hupmas, Ariansyah Mustafa, menghadiri kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari 19-20 November 2017.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 56 = 57