14 Mar

KOORDINASI PERSIAPAN PENDIDIKAN PEMILIH SMA/SMK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 Maret 2022), Sahabat Pemilih, Baru saja Komisi Pemilihan Umum Kota Batu berkunjung ke Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam rangka melakukan koordinasi terkait pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak di tahun 2024. Koordinasi kali di cabang dinas pendidikan provinsi Jawa Timur untuk wilayah Kota Batu dan Kota Malang sebagai pengelola pendidikan tingkat SMA/SMK sederajat yang ditemui langsung oleh Ibu Sri Handayani selaku Kepala Sub bagian Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kota Malang.
Hadir komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Marlina yang didampingi oleh Ariansyah Mustafa Subag Teknis Penyelenggara Pemilu dan Partisipasi Masyarakat dari KPU Kota Batu. Sebagaimana sebelumnya KPU Kota Batu telah mengirimkan surat perihal koordinasi dalam rangka melakukan pendidikan pemilih kepada pemilih yang ada di SMA atau SMK sederajat yang ada di kota Batu. Dalam koordinasi tersebut KPU Kota Batu menyampaikan beberapa hal terkait proses pendidikan pemilih yang ada di sekolah SMK dan SMA sederajat. Program pendidikan pemilih pemula untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 menjadi target dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih. Siswa dan Siswi SMA/SMK yang ada pada saat ini memiliki peran membangun proses pemilihan dengan cara menjadi pemilih dan/atau menjadi penyelenggara Pemilu/Pemilihan. Marlina menyampaikan bahwa pemilih pemula pada saat ini merupakan salah satu target sasaran pendidikan pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum kota Batu karena pemilih pemula yang mempunyai hak pilih di kota Batu terbilang sangat besar sehingga pendidikan pemilih kepada pemilih pemula ini menjadi poin penting untuk proses pendidikan kepemiluan. Pendidikan pemilu kepada masyarakat jadi hal yang harus segera dilakukan di awal tahapan Pemilu 2024.


Sementara itu Sri Handayani menguraikan bahwa kami sangat menyambut baik apa yang KPU Kota Batu programkan dan canangkan khususnya kepada kami selaku pengelola di tingkat sekolah SMA dan SMK yang ada di Kota Malang dan Kota Batu kami sangat menyambut baik, jadi ke depan Kami siap menunggu kerjasama kerjasama apa yang kira-kira kami bisa lakukan untuk mendukung KPU Kota Batu untuk mencapai proses pendidikan pemilih tersebut.
Komisi Pemilihan Umum Indonesia telah mencanangkan program nasional pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di mana komposisi pemilih pemula di tahun 2024 diperkirakan akan mencapai lebih dari 20% jumlah pemilih hal ini menjadi penting bagi KPU Kab/kota untuk bekerja lebih baik lagi sehubungan dengan pencapaian partisipasi pemilih yang lebih tinggi lagi. (ari)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 3 =