18 Jun

Komunitas Batu Untuk Demokrasi Beri Dukungan Kepada KPU Kota Batu dan Panwaslih

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Belasan orang yang tergabung dalam Komunitas Batu Untuk Demokrasi (KBD) mendatangi Kantor KPU Kota Batu dalam rangka memberikan dukungan Kepada KPU Kota Batu dan Panwaslih untuk Penyelenggaraan Pilwali Kota Batu Tahun 2017 yang berintegritas, kemarin (17/6).

Dalam pertemuan tersebut, Bagyo Prasasti Prasetyo selaku juru bicara KBD mengatakan pihaknya berinisiatif mengedepankan dialog dalam membicarakan suatu isu, “Misalkan ada stakeholder yang sedang mengalami ketegangan, Kami dorong untuk berdialog,” Jelas Bagyo. KBD ingin masyarakat memahami bahwa perbedaan dalam politik itu sangat biasa, “Satu keluarga pilihan berbeda itu adalah hal yang sangat biasa,” Imbuh Bagyo.

KBD yang anggotanya mempunyai latar belakang di partai politik, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan dan komponen masyarakat lainnya, berkomitmen untuk berperan dalam memberikan informasi seputar pemilu dan kepemiluan kepada masyarakat. ” KBD tidak fokus kepada calon (Peserta Pilwali, red). Kita juga tidak mengambil ranah calon,” Tegas Bagyo, mantan Ketua KPU Kota Batu periode 2009-2014 itu.

Banyak anggota KBD berasal dari alumni sekolah Demokrasi yang sebelumnya dilaksanakan di Kota Batu. Anggota KBD Mardiningsih mengakui bahwa alumni Suara Demokrasi yang menjadi anggota KBD sudah lepas dari bendera partai politik, “Kami harus menyebarkan virus demokrasi yang sehat dan bermartabat untuk (Kota) Batu,” Tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panwaslih Salma Safitri mengatakan bahwa semua pihak menginginkan agar pilwali Kota Batu berjalan dengan baik, dengan cara yang paling jujur, adil, sehingga masyarakat merasakan dampak Pilwali berupa kesejahteraan selama 5 tahun kedepan. “Kami berkomitmen untuk mengawal pilkada, sebagai pihak yang memikul tanggungjawab pengawasan. Segala bentuk kecurangan yang terjadi akan diamanahkan kepada Kami dan Kami sangat berharap Kawan-kawan KBD juga ikut memantau para pemantau (Panwaslih, red),” Ujar Salma, yang juga mantan Direktur Eksekutif Omah Munir tersebut.

Divisi sosialisasi KPU Kota Batu Saifudin Zuhri menyambut baik apa yang telah disampaikan KBD. “Kedepannya antara KBD dan Divisi Sosialisasi KPUD Batu bisa bekerja sama. Divisi sosialisasi dinilai dari hasil partisipasi pemilih. Bila partisipasi tinggi, Divisi Sosialisasi dianggap berhasil. Bila turun, sebaliknya dianggap tidak berhasil,” Terangnya. Saifudin juga berharap apabila ada kegiatan apapun yang berbentuk pertemuan, KPU Kota Batu bisa diundang, “Setidaknya apabila saat Kami sibuk, Kami bisa menitipkan alat peraga sosialisasi. Partisipasi (pemilih, red) harapannya sesuai target,” Tambah saifudin.

Sebagai penutup, Ketua KPU Kota Batu Rochani bertekad seluruh harapan yang sudah disampaikan KBD dapat diwujudkan bersama-sama. “Untuk prioritas kedepan, Kami sangat mendorong dan berharap KBD punya peran dan partisipasi luar biasa. KBD dalam kegiatan pilkada Batu ini juga bisa berperan di lembaga survei dan hitung cepat,” Terang Rochani.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57 − = 54