02 Sep

Ketua KPU Kota Batu Menjadi Narasumber dalam Acara Membangun Partisipasi Politik Masyarakat

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Ketua KPU Kota Batu menghadiri undangan dari sekretaris Daerah Kota Batu untuk menjadi Narasumber dalam acara Membangun Pratisipasi Politik Masyarakat Kota Batu Pada Era Otonomi Daerah, kemarin (1/9), bersama dengan 3 narasumber lain yaitu Ketua Panwas Kota Batu Ibu Salma Safitri Rahayaan, pengamat politik sekaligus dosen Universitas Brawijaya Bapak Haris El Mahdi, Bapak Asep dan Bapak Taufik. Kehadiran Rochani terkait dengan penyampaian sosialisasi terkait dengan tahapan yang telah dijalankan KPU, yang sedang dijalankan dan konsepsi pemikiran kedepan.

Rochani menyampaikan sosialisasi ini dilakukan semata-mata untuk membangun kepercayaan pemilih, stakeholder dan peseta penyelenggara. Rochani meyakini kunci untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam sebuah pemilu adalah kepercayaan seluruh kepentingan, seluruh pemilik kedaulatan suara kepada penyelenggara pemilu.

Untuk bisa meyakinkan masyarakat bahwa penyelenggara mampu bekerja secara berintegritas, maka KPU selaku penyelenggara harus menyampaikan kepada pemilih apa-apa saja yang sudah dikerjakan oleh pengelenggara dan bagaimana tahapan ke depan sehingga masing-masing pihak bisa melihat seperti halnya konsepsi penetapan paslon yang dinyatakan terpilih nanti berdasarkan pada suara terbanyak berapapun jumlah selisih suaranya. “Suara hak pilih satu pun akan sangat menentukan terpilih atau tidaknya Paslon yang berkompetisi,” ujar Rochani.

KPU Kota Batu melalui Rochani menyampaikan keinginannya untuk membangun kesadaran kepada masyarakat Kota Batu untuk tetap mempertahankan tingkat partisipasi masyarakat dengan hadir ke TPS untuk memilih Paslon Walikota dan Wakil Walikota Batu. “Selama ini kritis partisipasi yang terendah di Kota Batu adalah pada saat Pilgub Jatim yang hanya mencapai 69% sedangkan di Pilpres kemarin masih berkisar 82%, kami berharap Pilwali 2017 ini masih bisa mempertahankan tingkat partisipasi yang cukup tinggi tersebut,” tutup Rochani.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 55 = 63