28 Des

Ketua KPU Kota Batu Hadiri FGD Evaluasi Tahapan Pilkada Tahun 2015

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Ketua KPU Kota Batu menghadiri Forum Group Discussion (FGD) terkait penyelenggaraan Pilkada tahun 2017.

Forum Group Discussion yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur ini mengusung tema Evaluasi Tahapan Pencalonan, Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pilkada Tahun 2015 serta Proyeksi Kesiapan Pilkada Tahun 2018.

Ketua KPU Kota Batu yang juga merangkap Divisi teknis Rochani menyampaikan adanya beberapa paparan dari komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Teknis Muhammad Arbayanto mengenai kemungkinan-kemungkinan munculnya persoalan-persoalan hukum yang akan timbul.

Mengulang pernyataan Arbayanto, Rochani menyebutkan pada Pilkada 2017 terdapat 151 persoalan hukum yang terjadi, “ada 6 permohon sengketa hukum yang dicabut, 137 permohonan sengketa hukum yang tidak diterima dan 5 permohonan sengketa hukum yang ditolak serta adanya 3 permohonan sengketa hukum yang dikabulkan,” ulang Rochani.

Dalam materinya Arbayanto menyebutkan pula adanya beberapa pengalaman berharga saat Pilkada tahun 2015 yaitu adanya daerah yang harus pemungutan suara ulang dimana hasil pemungutan yang pertama diragukan terutama karena kotak suaranya hilang. Bahkan ada juga daerah yang adanya keterlibatan aparat terhadap salah satu Paslon.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2