01 Agu

Ketua Bawaslu Mengajak PPK dan PPS Kota Batu Bekerja Dengan Semangat SIMP

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Prof. Muhammad Ketua Bawaslu RI, dalam materinya kepada PPK dan PPS Se-Kota Batu yang sedang mengikuti Bimtek Verifikasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Dalam Pilwali Kota Batu Tahun 2017 mengatakan, agar penyelenggara pemilu dapat dikatakan sukses dalam menjalankan tugasnya, maka dia harus bekerja dengan semangat SIMPE (Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalisme).

Untuk poin soliditas, pihaknya berharap penyelenggara pemilu harus tetap solid dalam bekerja, menyelesaikan tugas, maupun juga dalam menghadapi suatu permasalahan. Sementara point selanjutnya yang menjadi penting adalah integritas. Disampaikan oleh Ketua Bawaslu RI, bahwa permasalahan integritas ini akan menentukan karir seorang penyelenggara pemilu kedepannya. “Besok mungkin ada peluang lain, misal anggota PPK ingin naik menjadi anggota KPU Kota Batu, atau dari KPU Kota Batu ingin melanjutkan ke KPU Provinsi atau bahkan KPU RI. Apabila integritas Kita terekam dengan baik, maka tidak akan sulit. Kita bisa naik ke jenjang karir sebagai penyelenggara yang lebih tinggi lagi.

Prof. Muhammad juga menjelaskan bahwa apabila seorang penyelenggara pemilu sekali saja ketahuan tidak netral, atau ketahuan memihak pada calon pasangan tertentu, atau ketahuan menerima suap dari sumber yang tidak benar, dan akibat dari perbuatan itu  diputus oleh Dewan kehormatan penyelenggara Pemilu untuk diberhentikan secara tetap, maka bisa dipastikan yang bersangkutan hilang kesempatan untuk berkarir di dunia penyelenggara pemilu.

“Jangan pernah lagi mencoba untuk melamar menjadi penyelenggara, disemua tingkatan sampai dia mati. Hal ini dikarenakan datanya akan disampaikan dan dicek detail tentang track recordnya oleh tim seleksi,” jelas Prof. Muhammad. Sehingga integritas merupakan bekal seseorang yang ingin menapaki jenjang sebagai penyelenggara pemilu hingga tingkat tertinggi. Selain integritas, mentalisme seorang penyelenggara juga harus baik, dan juga harus bekerja secara profesional.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1