04 Agu

Jelang Tahapan Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Paslon Perseorangan, KPU Kota Batu Gelar Sosialisasi

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu mengadakan Sosialisasi Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017, kemarin (3/8). Acara ini dihadiri oleh beberapa bakal calon pasangan perseorangan dan tim suksesnya masing – masing.

Dalam sosialisasi tersebut, Mardiono, Komisioner KPU Divisi Hukum, Pengawasan dan SDM menjelaskan, KPU Baru saja menerbitkan Peraturan KPU pasca terbitnya UU No 10 Tahun 2016 yaitu Peraturan No 4 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Tahapan, Program, Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahu 2017 dan PKPU No. 5 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Walikota dan Wakil Walikota.

Mardiono juga menjelaskan tentang Sistem Informasi Pencalonan (SILON). SILON ada aplikasi yang berbasis teknologi informasi. Sistem ini diciptakan sebagai alat bantu dalam verifikasi administrasi dan penelitian dugaan kegandaan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan. Selain itu didalam SILON, ada info pencalonan dan syarat pencalonan bakal pasangan calon perseorangan,” jelas Mardiono. Aplikasi SILON dapat digunakan dan dioperasikan setelah bakal pasangan calon perseorangan mendapat user name dan password dari KPU Kota Batu, Dengan syarat Bakal pasangan calon Perseorangan memberi surat mandat kepada tim IT/ operator untuk diserahkan kepada KPU Kota Batu  untuk mendapatkan username dan password. selanjutnya password tersebut dapat diubah oleh Tim IT Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa tim bakal paslon langsung menanyakan tentang teknis pengisian SILON. Diantara Tim dari salah satu Paslon perseorangan menanyakan apakah KPU Kota Batu memiliki akses untuk masuk ke akun SILON milik bakal paslon dan mengubah, menambah atau mengurangi data dukungan tersebut. Dengan tegas dijawab oleh Mardiono TIDAK. KPU hanya membantu memandu atau mendampingi  bila tim tersebut  ada kesulitan menjalankan program SILON. “Kami tidak bisa membuka data atau password  Calon, yang bisa adalah pemegang username tersebut,” ungkapnya.

Komisioner Divisi Teknis Perencanaan dan Data Ashar Chilmi mengingatkan bakal pasangan calon perseorangan agar tidak mengumpulkan syarat dukungan pasangan calon perseorangan di saat terakhir. “Batas penerimaan syarat dukungan paslon perseorangan adalah (Rabu) tanggal 10 agustus (2016) jam 16.00 (WIB) atau waktu KPU Batu, sehingga tidak ada istilah penyerahan mendekati pukul 00. Apabila ternyata mendekati jam 4 sore pada tanggal 10 Agustus 2016 nanti, ternyata masih ada Bakal Paslon perseorangan yang kurang dari dari syarat minimal dukungan sejumlah 14.709 dukungan, mohon maaf dengan berat hati yang bersangkutan tidak lolos,” tegasnya.

Tentang teknis penyerahan dukungan, KPU Kota Batu akan menyiapkan 24 meja berdasarkan jumlah Desa dan Kelurahan di Kota Batu. “Dari meja daftar hadir, selanjutnya meja penerimaan berkas dukungan hardcopy dan softcopy, dilanjutkan pemeriksaan dan penghitungan hardcopy dukungan, dan penyesuaian hardcopy dan softcopy, selanjutnya dilegislasi oleh lima komisioner, kemudian dilanjutkan Pleno persiapan pemberian tanda terima,” tutupnya.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *