20 Sep

Jelang Tahap Pendaftaran Paslon, Polres Batu Koordinasi Dengan KPU Kota Batu

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyampaikan komitmen lembaganya untuk memberikan pengamanan yang maksimal pada penyelenggaraan Pilwali Kota Batu Tahun 2017.

Hal tersebut diutarakan dalam kunjungan Kapolres Batu dan jajarannya ke Kantor KPU Kota Batu, sore tadi (20/9).  Dalam kesempatan tersebut, AKBP Leonardus menjelaskan tujuan kedatangannya, yaitu untuk melakukan koordinasi persiapan pengamanan pada tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu yang akan berlangsung selama 3 hari dari 21 – 23 September 2016.

“Saya tidak ingin ada kekacauan. Saya tidak tidak ingin ada ketidaktertiban pada saat pelaksanaan. Makanya saya akan bikin parameter aman. 100 meter ke kiri dan 100 meter ke kanan itu otomatis akan saya tutup jalur jalan ini. Kita alihkan ke jalur yang lain,” jelasnya.

Selain didukung instrumen pengamanan water canon dan security barrier, Polres Batu juga akan membatasi jumlah orang yang memasuki Kantor KPU Kota Batu. “Tim sukses selain paslon itu kita batasin, jangan sampai itu nanti, misalnya tim suksesnya nanti ratusan, semua menguruk masuk ke KPU, sudah sangat tidak tertib lagi. Makanya berharap besok mereka juga ada semacam tanda pengenal. Maksimal berapa yang bisa ditampung di (kantor) KPU, berarti itulah nanti yang masuk. Selebihnya, ya mohon maaf kita tunggu di tempat parameter aman di luar itu. Sehingga betul-betul nanti di dalam ini dia steril,” paparnya.

Polres Batu juga akan mengamankan lingkungan RSUD Dr. Saiful Anwar sebelum dan pada saat tahapan pemeriksaan kesehatan. Termasuk pengawalan oleh kepolisian untuk bakal pasangan calon, mulai dari keberangkatan dari kediaman masing-masing sampai proses pemeriksaan kesehatan berakhir, dan kembali ke tempat asal.

Dalam pertemuan tersebut, turut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito. Kedatangannya ke KPU Kota Batu, dalam rangka supervisi persiapan tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu.

Di hadapan Kapolres dan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Kota Batu Rochani menjelaskan proses tahapan pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan dilaksanakan serentak Pak, jadi siapa pun yang mendaftar hari pertama, tetap nanti kami berikan jadwal pemeriksaan serentak mulai hari Sabtu (24 September 2016), Senin (26 September 2016),  sama Selasa (27 September 2016) secara bersama-sama. Mungkin pengamannya lebih enak bersama seperti itu. Pihak rumah sakit juga pelayanannya lebih terfokus kalau bersama-sama,” tuturnya.

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *