02 Sep

HIMPSI Kota Malang Koordinasi Dengan KPU Kota Batu

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Yudi Suharso, ketua HIMPSI Kota Malang pagi ini (2/9) mendatangi kantor KPU Kota Batu sebagai upaya menindak lanjuti pertemuan antara KPU Kota Batu dengan Ikatan Dokter Indonesia, Himpunan Psikolog Indonesia Kota Malang dan BNN Kota Batu di sekertariat IDI Malang beberapa hari yang lalu (24/8). Kedatangan Yudi Suharso berkaitan dengan perkembangan penentuan standarisasi pemeriksaan kesehatan psikis yang akan dilakuan HIMPSI pada bakal paslon Walikota dan Wakil Waliota Batu yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-27 september 2016.

Yudi Suharso menyampaikan secara langsung kepada Ketua KPU Kota Batu Rochani, mengenai pelaksanaan pemeriksaan kesehatan psikis yang akan dilakukan secara langsung oleh HIMPSI Provinsi Jawa Timur. HIMPSI malang telah melakukan koordinasi dengan HIMPSI Pusat yang menghasilkan standarisasi untuk bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Batu, sehingga HIMPSI Malang hanya menjadi kepanjangan tangan dari HIMPSI Provinsi Jatim. Yudi Suharsono menegaskan pentingnya netralitas pemeriksaan kesehatan itu, “Tetap netral bila dilakukan didaerah, tetapi akan lebih baik apabila itu dilaksanakan di provinsi karena kita wilayah Malang tidak punya kewenangan untuk melakukan MoU itu sehingga diambil alih oleh HIMPSI wilayah (Provinsi Jatim)”.

Menanggapi hal itu Rochani sebagai Ketua KPU Kota Batu secara serius melanjutkan komunikasi ini dengan KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI perihal apa yang telah disampaikan oleh Ketua HIMPSI Malang. KPU Kota Batu juga akan berupaya untuk mengatasi dan memaksimalkan kendala waktu libur yang jatuh pada tanggal 24-25 September (sabtu-minggu). Menutup wawancara hari ini, Rochani menyampaikan pentingnya standarisasi pemeriksaan kesehatan kepada bakal paslon, “Standarisasi pemeriksaan kesehatan itu penting, karena syarat kesehatan bisa menggugurkan calon bila dinyatakan tidak sehat secara fisik oleh IDI dan HIMPSI dan akan digugurkan pula apabila Paslon terbukti tidak bebas narkoba,” tutupnya.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *