16 Jun

Hari Ke 2 Rapim KPU Provinsi: Monitoring Staff Dan Optimalisasi Anggaran

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Hari kedua rapim KPU Jatim dan KPU kabupaten/ kota di aula KPU Kota Batu berjalan sangat lancar dan masih diikuti oleh seluruh sekretaris dan ketua KPU kabupaten/ kota se-Jawa Timur. Di awal paparannya, HM. E. Kawima, SH. Msi, selaku sekretaris KPU Jatim menghimbau kepada setiap KPU di Jatim bisa menyusun dan membuat laporan realisasi anggaran dengan baik “Dari hasil rapim semalam, kita sudah sepakat untuk melaporkan realisasi anggaran dalam rapat pleno setiap bulan. Dan sepakat pula agar isi dari laporan tersebut diisi secara konkrit, riil, bersih dan jujur” tegasnya.

Dalam penyusunan anggaran juga diharap untuk setiap KPU kabupaten/ kota bisa melakukan optimalisasi anggaran. Optimalisasi yang dilakukan ini agar tidak terjadi pembengkakan anggaran yang sudah dirancang  “Terkait dengan anggaran yang terbatas, kita minta kepada teman-teman untuk melakukan optimalisasi, kalau tidak bisa revisi, maka lakukan optimalisasi. Apa bedanya optimalisasi dan revisi? Kalau revisi itu kegiatan yang sifatnya menggeser kegiatan yang ada, kalau sudah tidak ada lagi yang digeser maka dilakukan optimalisasi yaitu dihapus atau ditiadakan”.

Terkait pelaporan anggaran dalam rapat pleno, beliau juga menyampaikan kepada seluruh peserta rapat agar rapat staf bisa dilakukan satu bulan sekali. Hal ini dilakukan sekaligus dalam rangka memudahkan untuk melakukan monitoring kepada para staf di masing-masing KPU kabupaten/ kota.  “Kami sepakat untuk melakukan monitoring terkait dengan kedisiplinan staf jadi dikunjungi masing-masing kasubbag itu secara rutin” imbuhnya.

Dalam akhir paparannya, Kawima juga menghimbau para sekretaris, anggota dan staff KPU untuk menjalankan tupoksi secara akuntabel dan transparan. Artinya bahwa dalam melaksanakan kegiatan dan tugas harus berdasarkan asas-asas yang dapat dipertanggungjawabkan serta asas-asas keterbukaan.

Rapat pimpinan yang berakhir sekitar pukul 13.00 WIB ini ditutup dengan penyampaian laporan dari masing-masing Ketua KPU terkait laporan keuangan, termasuk anggaran dan realiasinya serta SDM yang tersedia di masing-masing KPU kabupaten/ kota.

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *