20 Jun

Harapan Mulia Forum Pilkada Batu 2017

Berawal dari sebuah group WhatsApp “Forum Pilkada Batu 2017” yang dibuat oleh beberapa orang yang peduli terhadap Pilkada Kota Batu yang jujur & adil, maka anggota group yang terdiri dari seluruh elemen masyarakat, baik penyelenggara, mantan penyelenggara, tokoh partai, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ASN dan beberapa stakeholder lainnya sepakat untuk mengadakan kopi darat lewat diskusi dan buka puasa bersama yang di fasilitasi oleh Suliono (Kades Tulungrejo) dan Wawan Kaliwatu. Acara tersebut dilaksanakan Minggu, 18 Juni 2016 di Apple Sun Kaliwatu group. Dalam acara tersebut hadir anggota KPU Kota Batu Saifudin Zuhri dan Mardiono, serta tiga Komisioner Panwaslih Kota Batu sebagai narasumber dengan Haris El Mahdi sebagai moderator.

Ketua Panwaslih Salma Safitri menyampaikan, kinerja Panwaslih kedepan akan fokus pada penguatan pencegahan dengan melibatkan publik secara luas, hal ini dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran, disamping itu salma juga berharap pilkada Batu terjaga kualitasnya dengan (tanpa politik uang, minimnya pelanggaran dan menjaga persatuan, persaudaraan walaupun pilihan kita terhadap calon berbeda).

Sedangkan dari KPU Batu Saifudin Zuhri menyampaikan, Masyarakat Batu berharap Pilkada 2017 terjaga kualitasnya, baik dari persiapan dan penyelenggaraanya sehingga nanti akan menghasilkan pemimpin yang amanah, berawal dari sinilah KPU Batu mengusung tema Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Berintegritas. KPU Berharap tema ini bukan sekedar tema, untuk mewujudkanya butuh kerja keras dan keteguhan dalam melaksanakan aturan. Saat ini KPU juga berusaha menjadi lembaga yang setiap aktifitasnya bisa dilihat masyarakat luas, masyarakat yang membutuhkan data aturan terkait kepemiluan bisa dilihat di website KPU Batu. Dalam beberapa hari kedepan KPU juga akan membuka pendaftaran PPK dan PPS yang pengumumanya disampaikan lewat media cetak dan elektronik, sedangkan untuk formulir bisa diambil di kantor KPU, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan dapat diunduh di web KPU.

Lebih lengkap tentang sarat PPK dan PPS, Mardiono Divisi Hukum dari KPU Kota Batu menjelaskan tentang SE: 324/KPU/VI/2016 dalam Surat Edaran point 5 dijelaskan bahwa dalam pembentukan PPS Kepala Desa / Lurah atau sebutan lain dan Badan Pemussyawaratan Desa atau sebutan lain, mengusulkan nama calon anggota PPS, disamping itu sarat calon PPK, PPS dan KPPS yang lain adalah belum  pernah menjabat selama 2 periode berturut-turut Periode pertama 2005-2009 sedagkan periode kedua 2009-2014.

Di akhir acara wawan selaku perwakilan dari kaliwatu group menyampaikan terimakasih atas kehadiran teman-teman, sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. Harapanya forum diskusi ini bisa terus dilaksanakan, agar dapat memberikan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan Pilkada Batu 2017.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *