wordpress stats

Walikota Batu Mengesahkan NPHD Pilwali Kota Batu Tahun 2017

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Senin (9/5) Walikota Batu Eddy Rumpoko dan Ketua KPU Kota Batu Rochani menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Kota Batu Tahun 2017 di Balai Kota Among Tani yang disaksikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito, Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Sekretaris Daerah Kota Batu Widodo serta jajaran SKPD Pemerintah Kota Batu.

Sebelum penandatanganan NPHD, Rochani mewakili KPU Kota Batu membacakan Pakta Integritas dalam penyelenggaraan Pilwali. Pakta integritas adalah salah satu dokumen yang harus dilampirkan dalam NPHD Tersebut. Namun, dalam sambutan yang diberikan kepada hadirin, bahwa Pakta integritas bukan sekedar seremonial saja melainkan visi KPU sebagai lembaga yang mandiri, profesional dan berintegritas.

Sedangkan Eko Sasmito dalam sambutannya memaparkan evaluasi dari pilkada serentak 2015, dari dinamika sejak akhir tahun 2014 apakah pilkada diselenggarakan secara langsung atau dipilih oleh DPRD sampai dikeluarkannya perpu dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan syarat jumlah dukungan perseorangan mengacu pada daftar pemilih tetap (DPT) pemilu sebelumnya yaitu sebesar 3,5 % sampai dengan 10% DPT. Dalam kesempatan tersebut Beliau menyatakan kekagetannya pengajuan anggaran disetujui dan proses pentahapan koordinasi antara KPU Kota Batu dan Pemerintah Kota Batu sangat baik dan tepat waktu. Terakhir, menyampaikan terimakasih kepada Walikota Batu atas dukungan dari Pemerintah Kota Batu dan berharap tingkat partisipasi masyarakat Kota Batu dalam Pilwali tinggi dan bisa melampaui Pasuruan (80%).

Walikota Batu Eddy Rumpoko menegaskan agar seluruh birokrat di pemerintah Kota Batu tetap netral dan profesional. Walikota Batu sejak tahun 2007 juga menjamin keamanan Kota Batu selama penyelenggaraan Pilwali, "Mudah-mudahan berlangsung sesuai schedule yang telah ditetapkan" ujarnya. Serta berharap agar pesta demokrasi di Kota Batu menghasilkan yang terbaik bagi masyarakat.



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id