wordpress stats

Ketua BPK: Satker Masih Diaudit, Kejaksaan Dan Kepolisian Belum Boleh Melakukan Pemeriksaan

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Sidoarjo (28/4) Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Harry Azhar Azis mengatakan apabila BPK masih melakukan pemeriksaan atau hasil pemeriksaan masih dalam proses (laporan masih belum disampaikan oleh BPK) maka kejaksaan atau kepolisian belum berhak melakukan pemeriksaan walaupun ada laporan dari masyarakat. Hal tersebut diutarakan pada saat Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan Rencana Aksi dan Analisis Laporan Kinerja di Sun Hotel Sidoarjo.

Dasar hukumnya adalah Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional. Dalam INPRES tersebut Jaksa Agung Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mendahulukan proses administrasi Pemerintahan sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan sebelum melakukan penyidikan atas laporan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dalam Proyek Strategis Nasional serta Meneruskan/menyampaikan laporan masyarakat yang diterima oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia mengenai penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional kepada kementerian/lemaga atau pemerintah daerah untuk dilakukan pemerikasaan dan tindak lanjut penyelesaian atas laporan masyarakat, termasuk dalam hal diperlukan adanya pemeriksaan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik menegaskan komitmen lembaganya dalam membangun Sistem keuangan yang akuntabel dan transparan di lingkungan kerjanya. Pengalaman periode sebelumnya dalam melaksanakan pengelolaan anggaran, menjadi bekal KPU periode ini dalam menjalankan tugasnya. “Harapan kami, BPK berkenan memberikan opini WTP kepada KPU, agar bisa menjadi warisan positif pada periodenya,” ujar Husni mengakhiri materinya.

Rapat yang dimulai pukul 10.00 WIB dihadiri oleh seluruh Komisioner dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dilaksanakan dengan dua sesi. Pada sesi kedua adalah pemaparan dari Anggota KPU RI Arif Budiman dan Inspektur Setjen KPU RI Adi Wijaya serta betindak sebagai moderator adalah Anggota KPU Provinsi Jatim Divisi Perencanaan; Keuangan dan Logistik  KPU Provinsi Jawa Timur, Dewita Hayu Shinta.

 

 



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id