05 Feb

“GOES TO SCHOOL” KPU Kota Batu Sosialisasi Pemilih Pemula

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id,(05/02/2018), Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 perlu adanya sosialisasi untuk semua kalangan. Sosialisasi untuk pemilih pemula atau mereka yang pada waktu pelaksanaan Pemilihan Umum telah berusia 17 tahun keatas dan baru pertama kali menggunakan hak pilihnya. Pemilih pemula umumnya adalah siswa siswi yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pemilih pemula sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 dimana pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang pada hari pemilihan atau pemungutan suara adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah/pernah kawin yang mempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan yang mempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-Undang Pemilu. KPU Kota Batu menyadari pentingnya sosialisasi terhadap pemilih pemula maka mengadakan kegiatan Goes To School yang menyasar sekolah-sekolah menengah atas dan kejuruan di Kota Batu.

Goes To School yang diadakan KPU Kota Batu dimulai tanggal 5 Februari 2018. Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) bahwasanya kegiatan Goes To School ini adalah sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Batu untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan menyasar anak-anak kelas 3 SMA yang telah berusia 17 tahun pada tanggal 27 Juni 2018. Menurut Saifudin, harapan KPU Kota Batu dengan diadakannya acara Goes To School ini, pemilih pemula paling tidak sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sudah di coklit, sudah berusia 17 tahun dan sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan. “Pemilih pemula ini diharapkan bisa juga jadi agen KPU Kota Batu untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dalam lingkungan keluarganya.” terang Saifudin Zuhri.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *