25 Feb

EKO SASMITO, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Jaga Netralitas Sebagai Penyelenggara PEMILU

Jember,kpu-kotabatu.go.id(24- 25/02/2018) Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) dalam arahannya di depan peserta Rapat Kerja (Raker) Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 di Ruang Phoenix Hotel Purnama Jalan Kyai Haji Agus Salim Jember menekankan untuk menjaga netralitas sebegai penyelenggara. Raker yang diadakan selama 2 hari ini diikuti oleh Ketua KPU, Kasubbag Teknis dan Divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dibuka oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro). Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jatim (Eko Sasmito) dalam kesempatan Raker Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 hadir dalam acara penutupan.

Eko Sasmito dalam pengarahannya kepada peserta Raker menjelaskan beberapa hal, yaitu : terhadap Kabupaten/Kota yang hanya menyampaikan satu usulan tentang penataan daerah pemilihan, baik yang sifatnya tetap tidak ada perubahan sebagaimana Pemilu Tahun 2014 ataupun yang hanya menyampaikan satu usulan perubahan daerah pemilihan maka perlu dinilai kembali apakah keputusan tersebut telah diambil sesuai mekanisme dan prosedur penataan Dapiltanpa adanya tekanan atau karena kepentingan tertentu.

Kedua, terkait adanya sengketa atau penetapan parpol peserta Pemilu 2019 agar KPU Kabupaten/Kota yang termasuk dalam pihak terkait segera menyusun kronologis dan menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan serta hadir dalam Rapat Koordinasi yang dilakukan oleh KPU.

Ketiga, BPK sedang melakukan sampling pemeriksaan laporan keuangan tahun Anggaran 2017. KPU Kabupaten/Kota yang telah menerima catatan hasil ’’ Äudit” dimaksud supaya segera melakukan perbaikan dan melengkapi sesuai hasil pemeriksaan BPK.

Yang terakhir arahan dari Eko Sasmito terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2018 yang berjalan beriringan dengan tahapan Pemilu 2019 dimana akan mulai timbul “gesekan-gesekan’’. Diingatkan oleh Eko Sasmito supaya tetap menjaga netralitas sebagai penyelanggara dan tetap kuat menghadapi tekanan serta bekerja secara professional.

Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas (Ariansyah Mustafa) hadir dalam Rapat Kerja (Raker) Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di kota Jember.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − = 8