15 Jan

DIVISI PERENCANAAN DAN DATA KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PDPB TAHUN 2022

Batu, kpu-kotabatu.go.id (15 Januari 2022) – Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data Heru Joko Purwanto dan Operator Sistem Informasi Pemutakhiran Daftar Pemilih (Sidalih) Samsul Arifin mengikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2022.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Data dan Informasi Nurul Amalia menyampaikan bahwa TPS menjadi hal yang patut diperhitungkan secara cermat dalam proses penyusunan anggaran agar kedepan tidak menyulitkan kerja penyelenggara.

“Sebelum tahapan, kita diminta untuk membuat perencanaan jumlah TPS, bukan hanya dengan membagi rata jumlah pemilih dengan kapasitas TPS, tetapi perlu melakukan pemetaan dengan prinsip-prinsip yang tentu telah kita ketahui,” jelas Nurul.

Prinsip-prinsip penyusunan TPS yang disebutkan di antaranya tidak diperbolehkan menggabungkan desa/ kelurahan, tidak diperbolehkan memisahkan keluarga, memudahkan pemilih, memperhatikan aspek geografis, serta memperhatikan jarak dan waktu tempuh menuju TPS.

Lebih lanjut, Nurul mengingatkan dalam melakukan pemetaan TPS, KPU Kabupaten/ Kota juga diminta untuk memperhatikan wilayah administratif. “Bisa jadi terdapat wilayah administratif baru yang belum masuk peta wilayah kita, hal ini perlu koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah setempat,” terangnya. (pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − = 92