06 Apr

DISKUSIKAN NPHD NON PEMILIHAN, KABAG KESBANGPOL KUNJUNGI KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (6 April 2022) KPU Kota Batu menerima kunjungan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Batu, Thomas Maydo, terkait Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) non pemilihan, kemarin (5/4).
NPHD Kegiatan Non Pemilihan adalah belanja yang dianggarkan dalam APBD untuk diberikan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam rangka pendanaan kegiatan non Tahapan Pemilihan yang dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah.
Dalam pertemuannya Thomas mengatakan bahwa draft Surat Keputusan walikota tentang draft NPHD Kegiatan Non Pemilihan kepada KPU dan Bawaslu sudah dibuat, “Selanjutnya akan dilaporkan kepada Walikota terkait pelaksanaan dan lakukan persiapan kelengkapan administrasi NPHD,” tuturnya.
Dalam pertemuan tersebut Ketua KPU Kota Batu, Mardiono, mengatakan bahwa bila pihak dari Pemerintah Kota Batu yaitu Kesbangpol dan Bagian Hukum telah melakukan konsolidasi dan koordinasi secara internal dalam pembahasan NPHD Non Pemilihan, maka KPU Kota Batu siap untuk proses penandatanganan NPHD.
Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Hibah Daerah menyatakan hibah dari Pemerintah Daerah dapat diberikan kepada badan, lembaga, dan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia. Pemerintah daerah dapat memberikan hibah sesuai kemampuan keuangan daerah. Pemberian hibah dilakukan setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib. Pemberian hibah ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah daerah dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 15 = 23