25 Jun

DIALOG LIVE ATV PERSIAPAN PILKADA SERENTAK 2018

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (25/06/2018) Disela-sela kesibukan  mempersiapkan kegiatan Pilgub Jatim 2918 yang tinggal 2 hari lagi, 27 Juni 2018, KPU Kota Batu diundang live dialog “Menuju Jatim 1” di ATV, Senin (25/06). Live Dialog dengan tema Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2018, selain menghadirkan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri), hadir juga Yogi Eka Chalid ( Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar lembaga)

Dialog Live “Menuju Jatim 1” yang dipandu Dave Nirwana ini membahas beberapa persiapan yang dilakukan KPU Kota Batu menghadapi kegiatan pencoblosan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Begitu juga dengan Panwaslu Kota Batu, dalam kesempatan yang sama membahas tentang beberapa langkah yang dilakukan Panwaslu dalam rangka  kegiatan pemilihan yang aman dan kondusif.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas(Saifudin Zuhri) menjelaskan beberapa persiapan terkait distribusi logistik yang akan dilakukan pada pada tanggal 26 Juni 2018. Lebih lanjut Saifudin Zuhri juga menjelaskan penghitungan surat suara yang dilakukan berlapis, dimana penghitungan awal dilakukan pleh Pokja Logistik dan kemudian pengitungan terakhir dilakukan oleh masing-masing PPK dan PPS  secara bergantian oleh tiga Kecamatan se-Kota Batu.

“Penghitungan yang dilakukan secara berlapis ini untuk menghindari kesalahan dalam jumlah surat suara untuk masing-masing TPS,” jelas Saifudin Zuhri.

 

Materi  lain yang disampaikan oleh Saifudin Zuhri terkait penggunaan formulir undangan atau C-6 dan penggunaan KTP Elektonik pada tanggal 27 Juni 2018. Menurut Saifudin, ada beberapa perubahan dalam  konteks KPT Elektronik yaitu : Pemilih datang ke TPS membawa C-6/surat pemberitahuan tapi tidak membawa KTP Elektronik tetap bisa melakukan pencoblosan, Bawa KTP Elektronik atau identitas lain tapi tidak membawa C-6masih bisa dibantu dicarikan nomoir urut di DPT, Pemilih tidak bisa menggunakan hak pilihnya ketika datang ke TPS tidak membawa C-6 dan KTP Elektronik.

Yogi Eka Chalid dari Panwaslu dalam dialog live yang diadakan  setiap hari Senin ini mmbahas berbagai langkah-langkah yang dilakukan Panwaslu supaya tercipta Pilkada damai dan bermartabat.

Dalam melakukan tindakan pengawasan, menurut Yogi Eka Chalid, Panwaslu tidak berjalan sendirian, namun selalu melakukan koordinasi dengan KPU Kota Batu dan pihak-pihak keamanan terkait.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *