29 Jul

DI KELAS TEKNIS DISKUSIKAN PENYEDERHANAAN SURAT SUARA

Batu, kpu-kotabatu.go.id – (29 Juli 2021), #sobatpemilih, Diskusi kelas teknis pada pertemuan keempat diruang virtual yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh komisioner dan sekretariat kab/kota se Jawa Timur yang membidangi teknis kepemiluan mendiskusikan terkait wacana penyederhanaan surat suara untuk pemilu serentak di tahun 2024. Diskusi yang dipandang sangat positif oleh komandan divisi teknis penyelenggara pemilu Insan Qoriawan menjadi momentum yang baik dalam membuka mindset penyelenggara pemilu di masa yang akan datang.

“Penyederhaan Suarat Suara Untuk Meningkatkan Partisipasi” yang kali ini dinarasumberi oleh Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Jombang As’ad Choirudin menjadi bab baru dalam kelas teknis diruang virtual. Menurut As’ad ada tiga pokok permasalahan yang memotori usulan penyederhaan surat suara ini untuk diupayakan rancangannya oleh KPU sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pada pemilu 2024 nanti. Pertama Usulan penyederhanaan surat suara untuk Pemilu berkaca pada Pemilu 2019. Kedua beberapa hasil survei disebutkan jumlah suara tidak sah cukup tinggi dan mayoritas pemilih menyatakan kesulitan karena menerima lima lembar surat suara sekaligus. Ketiga Prinsip dari pemberian surat suara yang sederhana belum terwujud.

Dengan penyederhaan surat suara sebagaimana yang disampaikan dalam halaman rumahpemilu.org menyebutkan tujuan penyederhanaan surat suara untuk pemilu 2024 untuk memudahkan pemilih saat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), memudahkan kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), efisiensi anggaran, efisiensi waktu, efisiensi tenaga dan peralihan ke pemilu elektronik.

Inplikasi yang kemudian muncul dalam desain penyederhaan surat suara ini perlu adanya penyesuaian dalam hal koridor hukum yang berlaku saat ini. Perhatikan desain berikut :

Demikian Desain surat suara yang didskusikan dalam kelas teknis ini.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 − = 35