10 Apr

DAPIL KOTA BATU BERTAMBAH, AKIBAT KENAIKAN JUMLAH PENDUDUK

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (09/04/2018) – Bertambahnya Daerah Pemilihan (DAPIL)  di Kota Batu, berdampak juga pada  naiknya jumlah alokasi  kursi untuk Pileg 2019. Kenaikan tersebut akibat dari bertambahnya jumlah penduduk Kota Batu menjadi 203.214 jiwa per November 2017. Dari tiga  Dapil menjadi empat  Dapil dengan alokasi kursi sebanyak 30 kursi untuk empat  Daerah Pemiihan Kota Batu. Kecamatan Batu dipecah menjadi 2 dapil, yaitu dapil Kota Batu 1 dan dapil Kota Batu 2.

Adapun formasi untuk empat dapil Kota Batu dalam Pemilu 2019 sebagai berikut : Dapil Kota Batu 1 dengan alokasi jumlah kursi sebanyak 7 buah meliputi Kelurahan Ngaglik, Desa Pesanggrahan, Desa Sidomulyo, Desa Songgokerto dan Desa SumberejoUntuk Dapil  Kota Batu 2 dengan alokasi jumlah  kursi sebanyak 7 buah, meliputi  Desa Oro-Oro Ombo, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Temas.

Dapil  Kota Batu 3 dengan alokasi jumlah kursi sebanyak 7 buah ini mencakup Kecamatan Junrejo. Sedangkan, untuk dapil Kota Batu 4 dengan alokasi jumlah kursi 9 buah dengan wilayah Kecamatan Bumiaji.

Menurut  Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) bahwasanya Berdasarkan  Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 278/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur dalam Pemilu Tahun 2019, Kota Batu terbagi menjadi empat Dapil dengan jumlah kursi sebanyak 30 buah kursi.

KPU Kota Batu sendiri sebelum ditetapkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum  RI Nomor 478/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/20118 pada tanggal 4 April  2018, telah memberikan beberapa usulan terkait empat dapil Kota Batu yang telah melalui berbagai tahapan. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *