13 Jul

Dalam Temu Media, Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan Dibahas

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Disela-sela pelaksanaan seleksi wawancara calon anggota PPK pada hari Jumat (1/7), KPU Kota Batu menggelar temu media yang dihadiri oleh awak media yang bertugas di seputar Kota Batu. Dalam temu media tersebut dihadiri wartawan Surat kabar harian, Media elektronik dan Media online.

Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Pengembangan Informasi KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri menjelaskan bahwa temu media ini adalah salah satu agenda rutin yang diselenggarakan selama tahapan Pilwali Kota Batu.
Saifudin juga menjelaskan, untuk tanggal 1 Juli, pemenang sayembara maskot dan jingle sudah diumumkan. Sebelumnya penjurian dilakukan pada karya lagu dan karya rupa  dari 18 peserta lomba maskot san 17 peserta lomba jingle sudah  ditentukan 3 besar. “Untuk pengesahan pemenang lomba,  KPU melakukan rapat pleno penetapan pemenang sayembara maskot dan jingle. Pemenang maskot dan jingle ini akan ditampilkan pula acara Launching Tahapan Pilwali Kota Batu Tahun 2017 pada akhir Juli mendatang.”

Sementara itu Mardiono, Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan , SDM dan Organisasi mengatakan, pihaknya belum lama ini mengikuti Bimtek Sistem Informasi Pencalonan (SILON) pada Tanggal 22 sampai dengan 24 Juni lalu di Jakarta. Yang menarik adalah adanya informasi tentang perubahan formulir B-1 KWK Perseorangan. Perubahan tersebut akan berpengaruh pada pengumpulan syarat dukungan calon perseorangan yang sebelumnya sudah menggunakan formulir lama yang diunduh dari peraturan KPU sebelumnya (PKPU No.9 Tahun 2015). “Formulir B-1 KWK Perseorangan yang baru, sedikit berbeda dengan formulir dukungan calon perseorangan sebelumnya. Bila draft ini jadi PKPU, maka calon perseorangan terancam kerja dua kali dalam mengisi formulir syarat dukungan “Jelas Mardiono.

Lebih detail Mardiono menjelaskan bahwa ada kolom yang diubah dalam formulir syarat dukungan yang baru, sehingga formulir lama harus disesuaikan dengan formulir yang baru. Mardiono berharap ada solusi lain untuk mengatasi masalah ini misalkan dengan tidak mempermasalahkan Formulir lama untuk digunakan sebagai syarat dukungan persorangan. “Mudah-mudahan yang sudah merekap tanda tangan atau cap jempol secara fisik dan dilampiri fotokopi KTP tidak dipermasalahkan, sementara rekap dalam soft file bisa menyesuaikan dengan formulir yang baru.”

Tentang SILON Mardiono juga menjelaskan adanya perbedaan dari penyelenggaraan sebelumnya “Kalau dulu Aplikasinya Off line yang terbaru sudah online dan bisa  memuat info pencalonan, sekaligus bisa mencetak formulir-formulir pencalonan dan juga berita acara”. Saat ini SILON masih dalam proses penyempurnaan oleh KPU RI. Setelah SILON diberikan KPU Kota Batu akan mensosialisasikan bagaimana pengisian SILON. yang mendapat  surat mandat dari Parpol atau Paslon akan diberikan akun yaitu usename dan password untuk masuk ke SILON. Data yang diinputkan nanti langsung tersambung dengan KPU RI.

Tanggal 20 Juli sampai 2 Agustus sesuai dengan tahapan, KPU Kota Batu akan mengumumkan persyaratan pencalonan bagi calon perseorangan. Sesuai dengan Surat keputusan KPU Kota Batu No.6 tahun 2016 , jumlah minimal syarat dukungan bagi calon perseorangan adalah 14.709 dukungan dalam bentuk surat pernyataan dukungan (form. B-1 KWK Perseorangan) dan foto copy KTP  dan dukungan tersebut harus tersebar di dua kecamatan. Bisa saja terjadi keganda dalam pemberian dukungan tersebut. Mardiono menambahkan “Kegandaan tersebut bisa ganda internal dan ganda eksternal. Ganda internal berarti satu nama tercatat lebih dari satu kali mendukung 1 Paslon. Sedangkan ganda eksternal, dalam syarat dukungan itu, ada nama yang tercantum di lebih dari satu Paslon perseorangan. Jika terjadi Kegandaan akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual. Dalam hal ditemukan ada ganda internal dukungan hanya dihitung satu. Sedangkan terhadap ganda eksternal PPS akan memverifikasi faktual kepada yang bersangkutan untuk memastikan dukungannya.”

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *