26 Agu

DAFTAR PEMILIH KREDIBEL, KUNCI KESUKSESAN PEMILU 2019 YANG DEMOKRATIS

Jombang,kpu-kotabatu.go.id(25-26/08/2018)Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menghadiri Rapat Koordinasi Hasil Penyusunan DPSHP Akhir dan Penetapan DPT Pemilu 2019,Sabtu-Minggu(25-26/08). Rakor selama dua hari ini diadakan di  Gedung HKM Kabupaten Jombang Jalan KH. Romli Tamim dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota diwakili oleh divisi perencanaan dan data serta operator Sidalih.Rakor untuk mewujudkan data pemilih yang kredibel demi  kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang demokratis ini dibuka pukul 14:00 WIB.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur (Rochani) dalam sambutannya berharap dengan adanya Rakor selama dua hari ini bisa menjadi wadah antara KPU Provinsi Jawa Timur dengan KPU Kabupaten/Kota untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

Hari pertama Rakor diisi dengan narasumber dari Komisoner KPU Provinsi Jatim divisi perencanaan dan data (Choirul Anam) dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur (Muh Ikhwanudin Alfianto).

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur divisi perencanaan dan data (Choirul Anam) dalam pemaparannya mengungkapkan bahwasanya daftar pemilih yang kredibel menjadi salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang demokratis. Hal ini akan berakibat pada terpenuhinya hak warga negara yang memenuhi syarat sabagai pemilih.

Dalam kesempatan yang sama,Choirul Anam juga menjelaskan bahwasanya terdapat beberapa prinsip yang diakui dalam penyusunan daftar pemilih yang kredibel, yaitu : integritas,legalitas,asksesibilitas,komprehensif,kejujuran,akurat,transparan,biaya yang efektif,ketepatan waktu,kredibilitas dan keberlanjutan.

Bawaslu Provinsi Jawa Timur (Muh Ikhwanudin Alfianto) sebagai narasumber kedua membahas tentang Pengawasan Pemuktahiran Data Pemilu 2019.

Rapat Koordinasi Hasil Penyusunan DPSHP Akhir dan Penetapan DPT Pemilu 2019 hari kedua diisi oleh Tim Teknis SIDALIH KPU RI dengan materi evaluasi Sidalih.

KPU Kota Batu diwakili oleh, Komisioner KPU Kota Batu divisi perencanaan dan data (Azhar Chilmi) dan Operator SIDALIH KPU Kota Batu (Septiana Wulandari).(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *