21 Mar

CIPTAKAN PILKADA JATIM YANG AMAN DAN KONDUSIF JELANG PILKADA SERENTAK 2018

 Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (20/03/2018) – Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 “Jawa Tiimur Aman dan Kondusif Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018” diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Convention Hall Grand City Mall Surabaya, Selasa(30/03). Rakor Ketertiban dan Keamanan dihadiri oleh Gubernur Jatim, Kapolda, sejumlah jajaran dari Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Forkopimda Jatim/Kabupaten/Kota se-Jatim, Forkopimcam se-Jatim, Kakesbang se-Jatim, KPU Jatim/Kabupaten/Kota, Panwaslu se-Jatim dan Bawaslu Provinsi Jatim.

Rakor yang membahas tentang penanganan potensi konflik saat Pilkada serentak 2018 dengan memetakan beberapa daerah yang memiliki kerawanan konflik ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur (Dr. H. Soekarwo).

Gubernur Jawa Timur (Soekarwo) menyampaikan bahwa hari ini sebagai konsolidasi untuk menciptakan Pilkada Jatim yang aman dan kondusif, diharapkan terjadi komunikasi yang baik antar pemangku kepentingan.

“Saya harap semua komponen harus solid sehingga saat kegiatan Pilkada Serentak 2018 berlangsung, Jatim tetap aman dan kondusif,” terang Pakde Karwo, panggilan akrab Gubernur Jawa Timur.

Dalam kesempatan yang sama Pangdam V Brawijaya (Mayjen TNI Arif Rahman)  menyampaikan tentang netralitas TNI supaya TNI bisa menegakkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI) dan membantu Polda Jawa Timur dalam menciptakan pengamanan Pilkada.

Kapolda Jatim (Irjen Pol. Machfud Arifin) mengemukakan bahwasanya target kesuksesan dari Rakor Keamanan dan Ketertiban ini adalah suksesnya pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 dan faktor kesuksesan adalah meminimalisir kerawanan-kerawanan dan adanya sinergitas dari seluruh elemen masyarakat termasuk penyelenggara dan pihak-pihak pemangku kepentingan.

“Kami pastikan bahwa seluruh anggota Polri hingga di tingkat Polsek siap mengamankan jalannya Pilkada, termasuk mengevaluasi pelaksanaan Pilkada sebelumnya,” jelas Machfud Arifin.

Sebagai informasi, Pilkada Serentak 2018 meliputi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di 18 Kabupaten/Kota dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan total jumlah penduduk Jawa Timur sejumlaah 39.500.952 orang. Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Jatim sejumlah 30.385.986 orang tersebar di 38 Kabupaten/Kota dengan 666 Kecamatan dn 8.497 Desa/Kelurahan.

KPU Kota Batu yang hadir dalam Rakor Ketertiban dan Keamanan Di Wilayah Provinsi Jawa Timur adalah : Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo). (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 − 27 =