24 Agu

Bimtek Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih Pada Pilwali Kota Batu 2017

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu mengadakan bimbingan teknis (bimtek) Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017, kemarin (23/8). KPU Kota Batu mendatangkan narasumber dari Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jatim Choirul Anam, S. Pd. Kegiatan yang dilakukan di Hotel Green Spencer dimulai pukul 10.00 dan dihadiri oleh PPK dan PPS Se-kota Batu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Batu Rochani, mengungkapkan bahwa bimtek ini adalah persiapan sebelum melaksanakan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih. Dimana pencocokan dan penelitian akan diselenggarakan selama 30 hari sejak 8 September 2016 hingga 7 Oktober 2016. Rochani juga menyampaikan adanya kendala terkait dengan tahapan penelitian kesesuaian daftar dukungan dengan Daftar Peduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), “Saya sampaikan terkait verifikasi faktual, kami mengalami sedikit kendala, yaitu pada tahapan penelitian kesesuaian daftar pendukung dengan DP4 belum bisa diakses sampai 19 agustus karena sidalih belum bisa diakses,” ujarnya.

Choirul Anam sebagai narasumber menyampaikan kegembiraannya diundang hadir dan bertemu dengan PPK dan PPS untuk yang kedua kalinya. Kali ini Choirul Anam mengerangkan belum adanya Peraturan KPU mengenai pemutakhiran Data. “Tahapan jalan tapi aturannya belum ada,” ungkapnya. Dalam tahap ini dasar hukum yang digunakan adalah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.

Choirul Anam juga menekankan kepada PPK dan PPS untuk memahami secara utuh terkait proses pemutakhiran data dan daftar pemilih terutama terkait formulir yang harus dihafalkan. Ditekankan pula bahwa KPU tidak bertugas mengecek, KPU hanya bertugas menerima dan membiayai. PPK dan PPS wajib memindahkan data yang ada dalam formulir kedalam microsoft excel yang kemudian di masukkan ke dalam SIDALIH. Dikarenakan tahapan ini merupakan tahapan yang paling krusial maka disarankan untuk memaksimalkan dokumentasi.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *