20 Okt

Bimtek KPU Jatim Di Banyuwangi Hadirkan Komisioner Dan Sekretaris KPU RI

Banyuwangi, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016, Pelaksanaan Penghapusan dan Pelelangan Logistik Ex Pilkada 2013 dan Pemilu 2014, serta Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk 38 kabupaten/ kota di wilayahnya. Menghadirkan dua Komisioner dan Sekretaris Jenderal KPU RI, bimtek dilaksanakan Rabu sampai dengan Kamis, tanggal 19-20 Oktober 2016, di kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Saat memberi sambutan pada pembukaan acara di Pendopo Banyuwangi, pukul 14.30 WIB sore tadi, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengaku sengaja memilih Banyuwangi sebagai tempat bimtek. “Diantaranya, pertama karena untuk faktor keadilan. Selama ini kegiatan KPU Jatim jarang dilaksanakan di daerah timur dari Jawa Timur. Kedua, beberapa media sangat lincah mempromosikan destinasi wisata di Banyuwangi sehingga memberikan ketertarikan,” ujar Eko (19/10/2016).

Selanjutnya, Komisioner KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, saat membuka acara, mengimbuhkan pada bimtek yang diselenggarakan di Banyuwangi ini diagendakan akan ada tiga bahasan. Terkait pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tahun 2016, penghapusan logistik, dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). “Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016 perlu dibahas sebab sebagai upaya penting yang perlu dilakukan dalam mengawal pemilihan umum yang berkualitas. Pemutakhiran Daftar Pemilih saat ini dilakukan tidak hanya menjelang pemilu, namun secara berkelanjutan. Kita akan membahas pola, mekanisme dan manfaat dalam bahasan nanti. Lalu, pembahasan penghapusan/ pelelangan logistik, Kita akan mendapatkan informasi dari Anggota KPU RI, Arief Budiman. Pembahasan mengenai komitmen KPU dengan ANRI dan sektor terkait. Selain itu juga akan mendapatkan informasi mengenai kebijakan-kebijakan baru pengelolaan SDM dari Sekretaris Jenderal KPU RI, Arif Rahman Hakim. Secara rinci wilayah teknis tiga bahasan tersebut akan Kita sampaikan nanti,” jelas Rizky.

Rizky pun berharap, bimtek ini dapat mengahsilkan rekomendasi-rekomendasi yang berlian dari peserta. “Dan dapat diinformasikan ke KPU RI rekom itu. Sehingga kebijakan bottom up yang selama ini diinginkan KPU RI dapat tercapai,” kata Divisi Data dan Informasi KPU RI ini.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 − 73 =