21 Jul

Bimtek Ke 2 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pilwali Kota Batu Tahun 2017

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Bimbingan teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 adalah bimtek ke-2 yang diselenggarakan seusai pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji di Anthurium hall Hotel Kusuma Agro Wisata, kemarin (20/2). Narasumber bimtek sesi ke-2 adalah Ketua KPU Kota Batu, Rochani.

Dalam kalimat pembukanya Rochani memberikan ucapan selamat kepada anggota PPS dan PPK terpilih, “Selamat kepada teman-teman anggota PPK dan PPS yang baru dilantik, bismillah Kita sudah bergabung sebagai satu tim. Silahkan diluruskan kembali niatnya. Jadi yang kemarin masih bimbang, sekarang Kita diberikan kesempatan untuk meluruskan. Saya berkeyakinan apapun yang Kita lakukan kedepan, tergantung pada niat Kita hari ini. Maka Kita sebagai penyelenggara yang berintegritas, yang memperhatikan kaidah konstitusi.”

Rochani menambahkan bahwa bimtek dilaksanakan sebagai wawasan pembuka untuk agenda-agenda kedepan. Beliau juga menghimbau kepada seluruh anggota PPS dan PPK rajin membaca peraturan agar bisa melakukan tugas dengan sangat baik.

“Saya sangat mendorong teman-teman untuk bisa mandiri, bisa menghadapi lingkungannya sendiri, harus mampu menyelesaikan persoalan di internal. Ketika dirasa teman-teman sudah sangat merasa kesulitan, maka kami (komisioner KPU) siap membantu” imbuhnya.

Dalam Bimtek kali ini benar-benar dimaksimalkan Rochani untuk menyampaikan hal-hal yang sangat harus dilakukan dalam waktu dekat. Terkait dengan program jangka pendek sekitar bulan Juli hingga Agustus,  yaitu pertama, PPK dan PPS melakukan Rapat Pleno untuk membentuk Ketua, pembagian korwil dan pembagian Pokja yang berkaitan dengan tahapan. Kedua, melakukan audiensi ke Camat atau kepala desa.

                   

Untuk kebutuhan Pokja, setelah melalui diskusi dan kesepakatan dari anggota PPK dan PPS, dibentuklah untuk Pokja PPS terdiri dari Pokja pemutakhiran daftar pemilih, Pokja verifikasi dukungan calon perseorangan dan kampanye, Pokja logistik dan pemungutan suara. Sedangkan Pokja PPK terdiri dari Pokja Pemutakhiran data dan daftar pemilih, Pokja Rekapitulasi Penghitungan Suara, Pokja verifikasi dukungan calon perseorangan dan kampanye, Pokja sosialisasi dan humas, serta Pokja program, anggaran, SDM dan logistik.

Setelah menyampaikan agenda-agenda dalam waktu dekat yang harus dilakukan oleh para anggota PPK dan PPS, Beliau menjelaskan tentang konsepsi tahapan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Batu Tahun 2017. Pada Bimtek sesi 2 ini berakhir pukul 16.20 wib dan diakhiri dengan foto bersama.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *