wordpress stats

Partai Idaman dan PKPI Serahkan Dokumen Salinan Keanggotaan Partai Politik

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyerahkan salinan dokumen bukti keanggotaan partai politik ke KPU Kota Batu pada hari terakhir pendaftaran partai politik sebagai tindak lanjut dari Surat KPU RI Nomor 710 Perihal Pelaksanaan Putusan Bawaslu, Rabu (22/11).

Dalam surat edaran KPU tersebut diterangkan bahwa KPU menerima dokumen pendaftaran dengan memperbaiki tata cara dan prosedur pendaftaran Partai keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Idaman, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Bhineka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Swara Rakyat Indonesia.

Ada 4 partai politik  yang telah menyerahkan dokumen dan menerima Tanda Terima (TT) dari KPU Kota Batu pada masa pendaftaran tanggal 3 s.d 16 Oktober 2017 yaitu PBB, PKP Indonesia, Partai Republik, dan PIKA. Dokumen dari 4 partai politik tersebut digunakan sebagai dasar dalam penelitian administrasi yang dimulai tanggal 21 s.d. 30 November 2017.

KPU Kota menerima daftar nama anggota partai politik serta salinan KTA dan KTP Elektronik/Surat Keterangan dari Pengurus  Partai Politik tingkat Kota mulai tanggal 20 s.d. 22 November 2017 waktu setempat dan di hari terakhir penerimaan ditutup pada pukul 24.00 waktu setempat.

Pengurus beserta petugas penghubung dari Partai Idaman Kota Batu, H. Abdul Haris, Masnonah dan Ubaidillah tiba di kantor KPU Batu pada pukul 21.40 WIB. Pengurus Partai Idaman diterima oleh Komisioner Divisi Hukum, Mardiono, Divisi SDM, Saifudin Zuhri. Setelah Surat Mandat diterima, Petugas verifikasi menghitung jumlah salinan KTP El/Surat Keterangan dan KTA, serta Operator Sipol mengecek rekapitulasi anggota partai yang terdapat di Sipol dan daftar nama dan alamat anggota parpol yang dicetak dari aplikasi Sipol oleh parpol menggunakan Formulir (Lampiran 2 - Model F2-Parpol). Proses ini disaksikan oleh Panwas Kota Batu. Dalam penghitungan, daftar nama dalam aplikasi Sipol terdapat 5 orang dan pada salinan KTP el/Suket dan KTA berjumlah 212 anggota.

Setelah berkoordinasi dengan Panwaslu Kota Batu ,Abdur Rochman dan juga konsultasi pada salah satu Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, berkas Partai Idaman diberikan Tanda Terima oleh KPU Kota Batu, meskipun terdapat perbedaan data yang ada di SIPOL dengan hardcopynya.

Sejatinya PKP Indonesia telah dinyatakan lengkap dokumennya dan menerima Tanda Terima dari KPU Batu pada masa pendaftaran tanggal 3 s.d. 16 Oktober lalu. Namun Petugas Penghubung DPD PKP Indonesia Kota Batu, Didin Darianto, kembali datang ke KPU pada pukul 23.10 WIB untuk menyerahkan dokumen yang terbaru. Setelah dokumen  diperiksa oleh staf peneliti dan dinyatakan lengkap antara Sipol dan Formulir F2, Petugas Penghubung diberikan Tanda Terima. Kemudian Tanda Terima yang diperoleh pada masa pendaftaran yang lalu dicabut.



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id