wordpress stats

Rapat koordinasi Jelang Akhir Masa Penelitian Andministrasi Tahapan Pendaftaran Partai Politik

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Memasuki masa akhir penelitian administrasi dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 tanggal 15 November 2017, KPU Batu melakukan rapat koordinasi terkait faktual dugaan keanggotaan ganda, Rabu (08/11).

Rapat ini dilaksanakan sebagai persiapan berkenaan agenda KPU Kota Batu beberapa hari kedepan yaitu menemui secara langsung (door to door) anggota partai politik yang keanggotaannya diduga ganda secara eksternal.

Pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) terindentifikasi ada 137 orang yang keanggotaan partai politik yang ganda secara eksternal. Ganda eksternal adalah dimana seorang warga tercatat menjadi anggota lebih dari satu partai politik. Oleh karenanya KPU Batu membentuk tim khusus untuk menemui para anggota parpol tersebut untuk ditanya secara langsung apakah yang bersangkutan itu anggota partai A atau B dan seterusnya.

Rapat ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh jajaran di KPU Kota Batu mulai dari komisioner, sekretaris, kasubbag, staf PNS dan staf pendukung. Pada kesempatan itu, komisioner Divisi Hukum, Mardiono, memaparkan apa saja yang perlu ditanyakan kepada anggota partai politik.

Tim yang terjun ke lapangan harus mengidentifikasi keanggotaan ganda antar partai politik, umur, status pekerjaan anggota tersebut (TNI, Polri atau ASN), serta meminta anggota parpol untuk menunjukkan KTP el/Suket dan Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol.

Setelah masa penelitian administrasi berakhir, KPU Batu akan menyampaikan hasil penelitian tersebut kepada partai politik pada tanggal 16-17 November 2017. Selanjutnya partai politik berkesempatan untuk memperbaiki dokumen administrasi dari 18 November -1 Desember 2017.



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id