wordpress stats

DPD partai Perindo Datangi KPU Batu Untuk Serahkan Dokumen Persyaratan Parpol

Batu, kpu-kotabatu.go.id - DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Batu mendatangi KPU Kota Batu untuk menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai politik sebagai syarat pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019, Senin (09/10).

Rombongan tiba pada pukul 09.30 WIB, langsung diarahkan menuju ruang aula dan diterima oleh Ketua KPU Kota Batu, Rochani, Komisioner Divisi Hukum, Mardiono dan Komisioner Divisi Penganggaran dan Data, Ashar Chilmi.


Hadir dalam proses penyerahan tersebut sebanyak 6 orang, yaitu Ketua DPD Partai Perindo Kota Batu, Siti Maryam, 2 petugas penghubung Suparno yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPD, dan Dharu Wijaya sebagai Sekretaris DPD, beserta Bendahara, Kusmiati dan Anam Suyanto.

Komisioner Divisi Hukum, Mardiono menjelaskan bahwa DPP Partai Perindo belum melakukan pendaftaran di KPU RI (pukul 09.30 WIB). Oleh karenanya, KPU Kota Batu belum bisa membandingkan berkas yang dibawa oleh DPD Partai Perindo dengan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Ada dua pengguna Aplikasi Sipol yaitu partai politik dan KPU. Partai politik dapat menginput dan mengedit data parpolnya, sedangkan KPU hanya dapat membuka dan mencetak data tanpa memiliki akses untuk mengedit data parpol. Sipol dari akun Parpol dapat diakses oleh KPU setelah parpol mendaftar secara resmi ke KPU RI, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar untuk mencocokkan dokumen yang diserahkan DPD atau DPC parpol ke KPU kabupaten/Kota.

KPU Kota Batu sifatnya hanya menerima dokumen pendaftaran yaitu salinan KTA, KTP el/Suket dan formulir Lampiran 2 MODEL F2-PARPOL untuk dicocokkan dengan Sipol. Sehingga ketika belum ada yang mendaftar di KPU RI, KPU Kabupaten/Kota belum bisa mencocokkan. “Ini kami sampaikan pada teman-teman Perindo, kami masih menunggu,” terangnya. Dokumen lainnya yang  diserahkan oleh DPD Partai Perindo yaitu Surat Mandat sebagai petugas penghubung, SK kepengurusan Partai karena ada pergantian kepengurusan, SK pencabutan dan mandat.

DPD Perindo Batu

Pada pukul 12.30 WIB, Partai Perindo telah mendaftar di KPU RI sehingga Sipol Partai perindo dapat dibuka. Setelah dilakukan verifikasi awal, berkas DPD Partai Perindo Kota Batu dinyatakan dikembalikan karena belum memenuhi syarat, sebab daftar nama yg terdapat dalam lampiran 2 model F2 Parpol dlm bentuk hardcopy urutannya tidak sama dengan Lampiran 2 Model F2 Parpol yang ada di Sipol KPU Batu. "Sehingga dokumen formulir Lampiran 2 MODEL F2-PARPOL, Salinan KTA dan Salinan KTP el, kami kembalikan untuk diperbaiki sampai masa pendaftaran berakhir tanggal 16 Oktober jam 24.00,” jelas mardiono.  “Kalau ternyata nanti malam sudah bisa akses (Sipol), besok diserahkan ke sini monggo,” terang alumni Universitas Muhammadiyah Malang ini.



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id