wordpress stats

Pastikan Kelancaran Pelaksanaan Pemungutan Suara, KPU Kota Batu Gelar Rakor Dengan Stakeholder

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Untuk memastikan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilwali Kota Batu pada hari Rabu, 15 Februari 2017, KPU Kota Batu melakukan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 bersama dengan stakeholder di Hotel Riverstone, Minggu (12/2).

Rapat yang dimulai pukul 11.00 WIB, dihadiri oleh tim kampanye pasangan calon, Panwas Kota Batu, pejabat di lingkungan Polres Kota Batu, Kodim 0818, Dispendukcapil dan Ketua PPK dan Ketua PPS se-Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu, Rochani menyampaikan bahwa forum kali ini dianggap penting sehubungan dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 151/KPU/II/2017. “Forum ini menjadi penting dengan keluarnya Surat Edaran Nomor 151, dimana kami diwajibkan menyampaikan bagaimana kesiapan akhir, oleh karena itu kita bahas apa yang sudah dilakukan dan bagaimana program dan desain. Kami akan minta masukan sehingga forum ini menjadi penting untuk menyamakan persepsi,” jelas Rochani.

Sehubungan dengan  pemilih yang berada di Rumah Sakit dan tahanan, KPU Kota Batu menyediakan kotak kosong suara kosong sebagai bentuk kerahasiaan surat suara yang telah di coblos, “Untuk kerahasiaan, kami sudah memetakan untuk kebutuhan di RS dan Tahanan  dan kami sudah melengkapi TPS yang melayani Rumah Sakit dan Tahanan dengan 1 kotak kosong sehingga tidak mengganggu Kotak suara yang ada di TPS,” papar Rochani.

Terdapat 10 tempat rawat inap yang terdiri dari 3 puskesmas yang ada di pesanggrahan, pandanrejo dan beji serta 7 Rumah Sakit yaitu RS. Karsa Husada, RS. Bhayangkara, RS Haji, RS Baptis, RS. Punten, RSIA NU, dan RS Dr. Etty Kota Batu.  

Dalam forum tersebut dijelaskan pula bagi masyarakat yang tidak memiliki C6 atau tidak ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetap akan dapat menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat dengan membawa KTP elektronik, Surat Keterangan Perekaman dari Dispendukcapil. Rochani juga menjelaskan mengenai ketentuan saksi yang hanya diperbolehkan maksimal 2 orang masing - masing pasangan calon dan hanya 1 orang yang diperbolehkan masuk dalam TPS.



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id