wordpress stats

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilwali Kota batu Tahun 2017, Relawan Demokrasi Sosialisasi Keliling

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Relawan demokrasi yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu untuk meningkatkan partisipasi pemilih, mengadakan sosialisasi keliling pada Minggu (12 Februari 2017).

Kegiatan sosialisasi akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut dari hari Minggu, Senin dan Selasa (12-14 Februari 2017), yakni di kecamatan Junrejo, Kecamatan Bumiaji dan terakhir Kecamatan Batu. Kegiatan sosialisasi keliling dilakukan dalam bentuk konvoi dan pertunjukan budaya yang berisi seruan memilih kepada warga, serta mendatangi warga secara langsung untuk pergi ke TPS dan memilih calon walikota dan wakil walikota Batu pada hari Rabu, pada 15 Februari 2017.

Relawan juga memberi informasi bagaimana cara memilih yang sah. Bahkan, beberapa relawan demokrasi melakukan sosialisasi ke sawah pada para petani. "Pertunjukan budaya ini bisa jadi magnet agar masyarakat tertarik saat kita (relawan demokrasi) melakukan sosialisasi." Ujar Agus Mardiyono selaku Ketua Relawan Demokrasi.

Akhir dari kegiatan sosialisasi turun ke jalan hari pertama tepat berada di bundaran Junrejo dengan mengadakan pertunjukan jaranan. Tak lupa dalam kegiatan ini tampil sosok Si Abat (apel batu) sebagai maskot Pilwali Kota Batu 2017. Si Abat dan para penampil jaranan juga tak berhenti mengajak penonton untuk datang ke TPS pada 15 Februari, "Sosialisasi kedua di Kecamatan Bumiaji akan menampilkan kesenian gamelan dan yang terakhir bertepat di alun-alun kota Batu akan ada pertunjukan Jlegur Trontong Dor yang sudah dikenal sampai Australia," imbuh Agus.

Relawan demokrasi sendiri beranggotakan 25 orang dengan 5 segmentasi yang berbeda yakni pemilih keagamaan, pemilih pemula, pemilih disabilitas, pemilih perempuan dan kelompok marginal, "Jangan lupa, Pak, Bu, tanggal 15 Februari jam 7 sampai jam 1 datang ke TPS, nyoblos." Teriak Agus Mardiyanto dalam pertunjukan Jaranannya.                       



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id