wordpress stats

Ketua dan Komisioner KPU Kota Batu Menghadiri Undangan Sosialisasi UU Nomor 10 Tahun 2016

Batu, kpu-kotabatu.go.id - Ketua KPU Kota Batu dan Komisioner KPU Kota Batu menghadiri undangan dari Research and Consultant Pemantau dan Evaluasi Daerah yang bekerjasama dengan Pasca Sarjana UMM Malang serta Pemerintah Kota Batu, yang laksanakan pada hari ini (3/10) dengan tema sosialisasi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Sosialisasi ini di adakan oleh Research and Consultant Pemantau dan Evaluasi Daerah yang bekerjasama dengan Pasca Sarjana UMM Malang, untuk membahas mengenai Undang-undang terbaru yanag mengatur tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota sebagai pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2015

Sosialisasi yang bertempat di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, menghadirkan beberapa narasumber antara lain Menteri Dalam Negeri, Ketua Badan Pengawas Pemilu RI, Wakil Direktur Pascasarjana UMM Malang. Turut hadir pula dalam sosialisasi tersebut, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso yang juga mencalonkan diri menjadi Wakil Walikota Periode 2017-2022.

Dalam sosialisasi tersebut Ketua Badan Pengawas Pemilu RI Prof. Dr. Muhammad menyatakan bahwa regulasi seputar pemilu saat ini sudah semakin jelas dan tegas. Hal itu berbeda dengan regulasi sekitar pemilu yang belum jelas dan belum tegas, "Undang-Undang dulu terkesan dibuat abu-abu, karena yang membuat dulu adalah politis, hal ini disebabkan nuansa kepentingan partai politik" ungkap Muhammad.

Muhammad mencontohkan ketidakjelasan antara istilah politik uang dan biaya politik, sehingga hal tersebut juga cukup menyulitkan Banwaslu Ri untuk memproses dugaan pelanggaran berupa partai politik. Muhammad juga menyoroti tentang seringnya Indonesia berganti Undang-Undang, "dari berbagai literatur yang pernag saya baca, dari seluruh dunia di berbagai belahan benua, Indonesia adalah negara yang paling sering mengganti Undang-Undang, salah satunya adalah Undang-Undang tentang pemilu ini, kalau di Amerika bisa satu dasawarsa baru ganti di Perancis bahkan sampai ratusan tahun, tapi di Indonesia bisa setiap 5 tahun sekali," jelas Muhammad. 



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id