wordpress stats

Ketua KPU Kota Batu Diundang Dalam Talk Show Di JTV

Malang,kpu-kotabatu.go.id - Kamis (21/4) Ketua KPU Kota Batu Rochani diundang oleh JTV sebagai bintang tamu dalam acara bincang-bincang menyambut perayaan Hari Kartini.

Acara yang disiarkan secara langsung sejak pukul 15.30 WIB membahas Emansipasi Wanita di Era Globalisasi. Pendapat Rochani terhadap seorang Kartini adalah bagaimana dia bisa mensiasati kungkungan keluarga dengan banyak membaca dan berkorespondensi yang pada akhirnya kemudian kumpulan surat-surat dibukukan dan menjadi inspirasi bagi kita semua, ternyata di Jawa itu ada perempuan yang meskipun diikat oleh adat, tetapi kemauan untuk belajar itu luar biasa. Sedangkan zaman sekarang kita perempuan sudah dikasih panggung dan diberi peluang, tinggal bagaimana perempuan itu mampu memanfaatkan seluas-luasnya kesempatan itu dengan tetap mempertanggungjawabkan kodrati dirinya.

Ketika ditanya oleh pembawa acara bagaimana menjadi wanita yang berkarakter di era globalisasi, Rochani menjawab bahwa istiqomah dalam bekerja, dan bekerja sesuai aturan. Ia menekankan, Investasi prestasi pekerjaan kita bukan suatu yang instan tetapi perjalanan karir yang pada akhirnya orang akan melihat hal tersebut.

Untuk menjadi wanita berkarakter juga harus istiqomah di kehidupan pribadi, sebagai ibu dan istri menjalankan kewajiban kita di rumah. Hidup ini seluruhnya harus seimbang antara kehidupan profesional dan kehidupan pribadi. Ketika perempuan bekerja, dia tidak melupakan anak ataupun pekerjaan rumah lainnya.

Dalam acara tersebut Rochani berpandangan bahwa kemajuan dari segi regulasi untuk kemajuan dan kepentingan perempuan cukup luar biasa. Mencontohkan untuk penetapan Daftar Calon Tetap Pemilu Legislatif di KPU bukan hanya mensyaratkan 30 persen keterwakilan perempuan dan apabila calon perempuan kurang dari jumlah tersebut dapat membatalkan pencalonan salah satu partai politik.

Anggota legislatif khususnya perempuan mempunyai peran besar untuk memperjuangkan kebutuhan dan perlindungan bagi perempuan di dalam maupun luar negeri.

Tidak lupa menambahkan peran perempuan sebagai ibu sangat penting karena ibu adalah penentu generasi kita kedepan. Kedekatan ibu dengan anak adalah luar biasa maka perempuan harus bisa didorong agar ia mampu mendidik dan mempersiapkan generasi yang akan datang.

Pendidikan adalah mutlak bagi seorang perempuan, bukan hanya jalur formal tetapi juga informal yang dapat diperoleh dimanapun sebagai jendela bagi kita untuk melihat dunia luar. Ketika kita melihat dunia maka banyak inspirasi, dorongan dan motivasi sehingga perempuan dapat memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya.

Selama ini orang melihat pendidikan formal hanya untuk bekerja secara profesional, tetapi tidak perlu selalu demikian karena pendidikan formal justru bisa membuka kita bagaimana mendesain pekerjaan rumah dan mendidik anak di rumah.

Sebelum diskusi berlanjut dengan sesi tanya jawab interaktif via telepon Rochani mengatakan "Menurut Saya bahkan ibu rumah tanggapun (yang) tulus ikhlas mendampingi dan membesarkan anak-anak di rumah itulah permpuan hebat".

 



Komisi Pemilihan Umum Kota Batu
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 212 Kota Batu Jawa Timur
Telp : +62 341-532030
Fax : +62 341-531866
Email : humas@kpu-kotabatu.go.id