27 Mei

Audiensi Dengan Kecamatan Batu

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Rabu (25/5) Setelah melaksanakan pertemuan dengan Camat Junrejo dan jajarannya pada pagi hari, KPU Kota Batu melanjutkan audiensi dengan Camat Batu disiang hari.

Pertemuan dengan Camat Batu juga dihadiri oleh perwakilan dari Desa/Kelurahan se-Kecamatan Batu, Polres Batu, Polsek Batu dan Koramil 0818/02.

Dalam audiensi yang digelar di pendopo Kecamatan Batu, Ashar Chilmi, Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang sangat perlu disampaikan yaitu terkait pembentukan anggota PPK dan PPS yang akan dilantik pada tanggal 20 Juli 2016. “Sehingga mulai sekarang Desa/Kelurahan dan Kecamatan harus segera mempersiapkan diri” Ujarnya.

Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) adalah mereka yang belum menjabat sebagai PPK dan PPS selama dua periode berturut-turut.

Beberapa peserta rapat yang merupakan lurah dan kades di Kecamatan Batu menyampaikan keluhan yang hampir sama yaitu terkait pembentukan anggota PPS yang harus melibatkan orang baru yang dirasa sulit. Alasan pertama, mereka yang merupakan orang lama sudah cukup berpelngalaman, kedua, mencari orang baru cukup sulit dan desa setempatpun takut mengambil resiko jika terjadi kesalahan ditambah dengan adanya beberapa peraturan yang baru terkait pilkada. 

Melihat kekhawatiran ini, KPU Kota Batu memberikan jalan tengah dengan sistem rolling, yaitu mereka yang selama ini sudah pernah menjabat sebagai anggota PPS dapat diajukan untuk menjadi PPK dan yang dari PPK dapat diajukan menjadi Panwas.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 2