26 Feb

ASHAR CHILMI : MANFAATKAN PINDAH PILIH UNTUK TINGKATKAN KUALITAS DEMOKRASI

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (26 Februari 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Salah satu hal yang dilakukan ialah dengan memfasilitasi masyarakat untuk pindah tempat memilih. Dengan layanan tersebut KPU berharap partisipasi masyarakat dalam memilih meningkat. Hal tersebut dinilai KPU menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam menciptakan pemilu yang berkualitas.

Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) beberapa waktu lalu di sela-sela banyaknya masyarakat yang mengurus formulir A5. Ashar mengatakan jika layanan pindah pilih ini merupakan langkah yang diambil KPU dalam rangka mewujudkan pemilu yang lebih baik dan berkualitas. Oleh karena itu masyarakat harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. “Hal mendasar yang perlu diketahui ialah bahwa logistik surat suara ditetapkan berdasarkan jumlah DPT. Nah, jangan sampai, misal hanya satu orang saja, tidak mencoblos, maka itu akan merugikan karena anggaran negara (untuk pemilu) terbuang sia-sia. Oleh karenanya masyarakat harus menggunakan hak pilih dengan baik,” terangnya

Berkaitan dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK) lebih lanjut Ashar menjelaskan jika masyarakat juga harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bukan menjadi alasan bagi masyarakat untuk tidak ikut memilih. Waktu satu jam terakhir saat hari pencoblosan, yakni pukul 12.00 hingga 13.00 Wib, harus dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat yang termasuk dalam DPK. “Meskipun dibatasi hanya di satu jam terakhir, itu masih tetap diberikan keluangan dan kesempatan. Dari sisi penyelenggara harus pandai-pandai memetakan berapa perkiraan orang yang sudah atau belum melakukan perekaman (e-KTP) namun belum masuk DPT. Dan nanti kisarannya akan tersebar di TPS atau desa mana, sehingga tidak mengganggu penyelenggaran pemilu,” tegasnya.

Ashar berharap dengan adanya layanan pindah pilih yang nantinya akan masuk dalam formasi DPTb, termasuk masyarakat dalam DPK, penyelenggaraan Pemilu 2019 ini bisa berlangsung dengan baik dan mewujudkan demokrasi yang berkualitas. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 93 =