13 Sep

Asal Penamaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wisata Demokrasi

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Wisata Demokrasi” di halaman kantor, pagi tadi(13/09). Ada dua rangkaian acara dalam peresmian RPP ini, yaitu fasilitasi pendidikan pemilih dan seremonial peresmian RPP. Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri menerangkan asal pemilihan nama RPP tersebut. “Wisata Demokrasi ini sesuai dengan nama Kota Batu, yang dikenal sebagai kota pariwisata,” Jelasnya.

Dalam sejarahnya, Kota Batu merupakan kota pariwisata yang sudah mendunia, disamping karena keindahan alam dan dinginnya udara. Sejarah Kota Batu sendiri berawal pada abad 10 Kerajaan Medang. Raja Sindok telah memerintahkan Mpu Supo untuk membangun peristirahatan keluarga kerajaan di pegunungan yang di dekatnya terdapat mata air yang kemudian dikenal sebagai kawasan Songgoriti. Pada awal kemerdekaan, Presiden Soekarno tercatat beberapa kali mengunjungi Kota Batu, dan mengakui keindahan alamnya. Bahkan beberapa keputusan penting mengenai perdjoeangan Negara diambil di kota ini.

Bangsa Belanda yang mengagumi keindahan dan keelokan alam Batu, mensejajarkannya dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss. dan kemudian menjuluki daerah yang sekarang disebut dengan Kota Batu sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Banyaknya tempat wisata di kota Batu ini semakin lengkap dengan adanya wisata edukasi tentang demokrasi, karenanya KPU Kota Batu membuat Rumah pintar Pemilu dengan nama “WISATA DEMOKRASI”.

Wisata demokrasi ini adalah sarana untuk memperkenalkan, memahamkan, menanamkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat terhadap pentingnya nilai-nilai demokrasi, dengan tujuan membentuk generasi yang dapat menjadi pemilih cerdas dan dapat menjadi pemimpin berkualitas yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat.

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 − 36 =