04 Mar

ANGGOTA KPU JATIM PERIODE 2014-2019 DILANTIK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (21/2/2014) menggelar acara pelantikan anggota KPU Propinsi Jawa Timur. Mengambil tempat di Lantai II, Gedung KPU Imam Bonjol, Jakarta Pusat, lima orang anggota KPU Provinsi Jawa Timur masa jabatan 2014-2019 dilantik. Mereka adalah Eko Sasmito, SH, MH, Muhammad Arbayanto, SH, MH, Dewita Hayu Sinta, SP, M.Si, Choirul Anam, S.Pd dan Gogot Cahyo Baskoro, S.sos melakukan pengucapan sumpah dan janji. Mereka menggantikan anggota sebelumnya yang telah habis masa jabatannya.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dan dihadiri oleh anggota KPU lainnya seperti Arief Budiman, Sigit Pamungkus, Juri Ardiantoro. Tampak hadir juga Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman Hakim dan para Kepala Biro di Sekretariat KPU.

Ketua KPU dalam kesempatan itu membacakan Keputusan KPU Nomor 251/Kpts/KPU/Tahun 2014 tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota KPU Propinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Husni menyampaikan ucapan selamat kepada anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang telah berhasil menjalankan amanat UU Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, khususnya pasal 17 s/d 21.

Pada bagian lain, Ketua KPU juga mengingatkan bahwa tantangan penyelenggaraan Pemilu yang dalam hitungan hari akan dilaksanakan jauh lebih berat, hal ini terlihat dengan makin cerdasnya masyarakat, mandiri dan rasional. Oleh karena itu, penyelenggara harus benar-benar memahami dan menjalankan peraturan perundang-undangan, sedikit saja keluar dari aturan maka siap-siap mengahadapi koreksi.

KPU saat ini sudah merampungkan 7 tahapan dari 11 tahapan penyelenggaraan Pemilu 2014. Tahapan yang sedang berjalan yakni pelaksanaan kampnye.

“Kami minta KPU Provinsi Jawa Timur untuk memastikan berjalannya Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD. Dalam aturan itu ada kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi penetapan zona dan media yang akan menjadi tempat pemasangan alat peraga kampanye,” tandas Husni.

Husni juga berpesan kepada anggota yang baru saja dilantik untuk segera melakukan konsolidasi internal dan eksternal, maupun dengan sekretariat yang akan memberikan dukungan teknis dalam penyelenggaraan pemilu dan melakukan pembelajaran secara komprehensif terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu serta dapat menyikapi berbagai kritik dan saran dengan positif. (dosen/us. FOTO KPU/dosen/hupmas)

sumber: kpu.go.id

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *